Minggu, Juli 3, 2022

Konteks, Jurnalisme Komik Media Alternatif Baru Bengkulu

Baca selanjutnya

cover halaman depan, Konteks
cover halaman depan, Konteks

kupasbengkulu.com – Media Nonprofit Bergenre Jurnalisme Komik Diluncurkan Perkumpulan Solidaritas untuk Pengelolaan Lingkungan Berbasis Masyarakat (Spora) , pada Rabu (1/10), komik itu diberi nama “Konteks”.

Konteks mengusung  kampanye edukasi dan advokasi berkaitan isu-isu masyarakat sipil yang diproduksi berkala dua mingguan didistribusikan kepada khalayak sasaran secara gratis. Dana pencetakannya bersumber donasi baik secara personal dan institusional.

“Untuk pencetakan edisi perdana hingga ketiga, Spora mendapatkan dukungan dari Yayasan Akar Bengkulu, Women Crisis Centre (WCC) Cahaya Perempuan dan Walhi Daerah Bengkulu. Bahkan, WCC Cahaya Perempuan telah berencana mendukung pencetakan Konteks sebanyak enam edisi selama 2014,” kata Direktur Spora Dedy Ferdian Singgih, Rabu (1/10/2014).

Selain menerbitkan Konteks, Spora berinisiatif untuk mengembangkan jurnalisme komik partisipatif (participatory comics journalism) kepada masyarakat. Langkah tersebut dilakukan dengan membangun komunitas bagi masyarakat dan memfasilitasi kursus untuk pelajar SMP Alam Bengkulu “Mahira” mulai pertengahan bulan ini.

“Kegiatan membangun komunitas untuk masyarakat umum dan memfasilitasi kursus untuk pelajar SMP Alam Bengkulu itu dilakukan secara kesukarelaan (volunteerism),” ujar Dedy yang juga pemilik usaha kaos kartun “Gerot”.

Dalam menerbitkan Konteks dan melaksanakan aktivitas lainnya, Dedy melakukannya bersama dua anggota Spora lainnya. Yaitu, Dedek Hendry dan Harry Siswoyo, jurnalis Rakyat Bengkulu (RB) Media Grup yang tergabung sebagai anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Persiapan Bengkulu dan The Society of Indonesian Environmental Journalist (SIEJ) Simpul Bengkulu.

Untuk diketahui, jurnalisme komik merupakan genre baru di dunia jurnalisme dan komik. Disebut jurnalisme komik karena karya yang dihasilkan merupakan gabungan komik, teks dan foto berbasiskan data dan fakta yang dilakukan menggunakan metodologi jurnalistik.

Kemunculan genre ini pertama kali dipelopori oleh Joe Sacco yang menerbitkan buku komik berjudul Palestine, Footnotes In Gaza dan lainnya.(***)

Minat Investor Tidak Berpengaruh Saat Bitcoin Turun

JAKARTA - Turunnya harga aset kripto saat ini tak mempengaruhi minat investor untuk melakukan investasi kripto ini. Bahkan jumlah investor kripto terus tumbuh pada...

Benturan Keras Sebabkan Tewasnya Pelajar di Bendungan Nakai

Kupas News, Bengkulu Utara - Salah seorang pelajar tewas tenggelam saat mandi di Bendungan Sungai Air Nakai Desa Batu Raja, Bengkulu Utara, Kamis, (30/06)...

Polres Bengkulu Utara Berhasil Tangkap Pemuda TO Kasus Narkoba

Kupas News, Bengkulu Utara - Satres Narkoba Polres Bengkulu Utara kembali ungkap kasus tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I yang diduga jenis sabu-sabu di...

Rosjonsyah Minta Pemerintah Desa Miliki Skala Prioritas

Kupas News, Kota Bengkulu - Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah membuka acara peningkatan kapasitas kepala Desa dan ketua BPD se Kabupaten Rejang Lebong yang dilaksanakan...

Rakor Gubernur se-Sumatera 2022 Soroti Harga Sawit

  Kupas News, Pekanbaru - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang hadir pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur se-Sumatra 2022 menyoroti persoalan harga kelapa sawit yang...

Terbaru