oleh

Kota Bengkulu Butuh TPA Baru

Fitriani Badar
Fitriani Badar

kupasbengkulu.com – Pemerintah Kota Bengkulu melalui Bagian Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota akan mempercepat pengerjaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang lokasinya telah ditentukan atas lahan seluar 10 hektare di Kelurahan Pekan Sabtu. Hal itu dilakukan karena TPA di Kelurahan Air Sebakul, yang selama ini menjadi satu-satunya tempat pembuangan sampah sudah tidak mampu menampung sampah semua warga Kota Bengkulu.

“Jika dalam 3 tahun kedepan belum ada TPA baru, maka persoalan sampah akan menjadi masalah berkepanjangan dan akan sulit untuk diatasi, karenanya, dari sekarang diantisipasi,” kata Kepala Beppeda Kota Bengkulu, Dr. Hj. Fitriani Badar. AP. Msi.

Diakui Fitriani, bahwa rencana pembangunan TPA Pekan Sabtu guna menggantikan TPA di Air Sebakul sempat tertunda satu tahun. Fitriani berharap tahun 2015 mendatang anggaran untuk TPA itu sudah ada dan pekerjaan dapat kembali dilakukan.

“Untuk rancangan pembangunan dan teknis kerja, kami sudah benar-benar mempersiapkannya dengan berkoordinasi pada semua pihak terkait teknis pekerjaan, semuanya sudah matang dan tersusun. Bahkan dipastikan di TPA pekan sabtu ini pengelolahannya akan lebih modern, sampah-sampah tidak akan dibiarkan menumpuk,” jelasnya.

Mendesaknya pengerjaan pembangunan TPA itu, alasannya berdasarkan hasil survey tim ahli dan pihak terkait, yang menyatakan bahwa TPA yang ada saat ini sidah tidak bisa lagi menampung seluruh sampah yang ada di Kota Bengkulu. Dana pembuatan TPA itu tidak hanya dari APBD Kota, melainkan juga dari APBD Provinsi Bengkulu maupun APBN.(beb)

Rekomendasi