Beranda LINGKUNGAN Lagi, Limbah Pabrik Sawit Cemari Sungai

Lagi, Limbah Pabrik Sawit Cemari Sungai

0

kupasbengkulu.com – Setelah dituntut warga perkara bak penampungan limbah yang tidak dipagar, PT Cahaya Sawit Lestari (CSL) di Desa Pulau Panggung, Kecamatan Talang Empat mencuri perhatian.

(Baca Juga: Pabrik Tak Dipagar, Kerbau “‘Nyemplung” Limbah Sawit)

Kali ini perkaranya adalah limbah sawit milik PT ini disinyalir mencemari sungai Bengkulu. Masalahnya, seperti sungai lainnya, Sungai Bengkulu juga diketahui menjadi sumber kehidupan diwilayah desa tersebut.

Camat Talang Empat, Watiullah S.Pd ketika dikonfirmasi menyatakan pihaknya sudah mengajukan permohonan kepada Badan Lingkungan Hidup (BLH) setempat untuk segera menindak hal ini. Bahkan, lanjutnya, laporan tentang dugaan pencemaran sungai ini sudah berkali-kali diajukan.

“Kita sudah berkali-kali mengajukan agar BLH melakukan tindakan terhadap PT ini terkait pencemaran,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala BLH, Hendrich Oktober melalui Kabid penanggulangan Pencemaran, H Pino Aspandi menyatakan akan menindaklanjuti dengan melakukan inspeksi mendadak.

“Kita akan tindaklanjuti, bila benar ada pencemaran, maka akan kita beri tindakan,”jelasnya.

Sebelumnya, PT CSL sempat menyita perhatian ketika bak penampungan limbah milik mereka menewaskan seekor kerbau milik warga. Sayangnya, hingga saat ini pihak CSL tidak mau menemui wartawan untuk dikonfirmasi. (vai)