Jumat, September 30, 2022

Makruf : Bengkulu Aman dari Konflik Agama

Baca selanjutnya

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Hubungan Antar Agama, berdialog dengan Gubernur Bengkulu, FKPD di aula Pola Bappeda Setdaprov Bengkulu, Kamis (23/1/2014) .
Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Hubungan Antar Agama, berdialog dengan Gubernur Bengkulu, FKPD di aula Pola Bappeda Setdaprov Bengkulu, Kamis (23/1/2014) .

kupasbengkulu.com – Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Hubungan Antar Agama, Dr. KH. Makruf Amin mengatakan, jika di Provinsi Bengkulu aman dari konflik antar umat beragama. Secara umum kondisi kerukunan antar umat beragama di Indonesia sudah cukup baik. Hal ini dikatakannya saat dialog dengan Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah SAg, MPd, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Bengkulu di aula Bappeda Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Bengkulu, Kamis (23/01/2014).

Dijelaskannya, untuk peraturan perundangan dan kebijakan pemerintah terhadap kerukunan ini juga cukup kondusif. Meskipun terkadang masih muncul konflik atau ketegangan baik internal maupun antar umat beragama.

”Untuk memperkuat kerukunan dan mencegah terjadi konflik diperlukan upaya-upaya yang terus menerus. Baik melalui pendekatan teologis maupun sosiologis. Dan saya lihat untuk di Bengkulu ini masih aman dari konflik antar umat beragama,” tambah Makruf Amin.

Menurut dia, konflik internal umat beragama diduga terjadi karena adanya, pemahaman yang menodai agama atau pemahaman yang menyimpang. Serta adanya pemahaman radikal atau menganggap hanya aliran/mazhabnya sendiri yang benar, dan menyalahkan yang lain. Penyebab lainnya, pemahaman yang liberal tanpa mengikuti kaedah-kaedah pemahaman yang ada.

”Konflik itu dapat dicegah dengan penguatan kerukunan. Mulai dari, pencegahan melalui bingkai politis, melalui pencegahan teologis,” jelas Makruf.

Diingatkannya, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Bengkulu perlu menyadari pentingnya anggaran untuk penguatan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di daerah masing-masing. Karena, FKUB ini dapat membantu Pemda dalam mewujudkan kerukunan umat beragama, kedamaian termasuk dalam penyelesaian konflik dan perselisihan dalam penyelenggaraan Pemilukada.(gie)

Kapolres Mukomuko Imbau Warga Laporkan Peredaran Obat Terlarang dan Miras

Kupas News, Mukomuko - Dalam rangka kunjungan kerja di wilayah hukum Polsek Mukomuko Utara, Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto, Rabu, menggelar Forum Diskusi Situasi kamtibmas...

Forkopimda Sepakat Legalkan Aktivitas Pemungutan Limpasan Batu Bara

Kupas News, Kota Bengkulu - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Bengkulu serta Aparat Penegak Hukum (APH) Wilayah Hukum Bengkulu, sepakat mendukung Pemerintah Provinsi...

Polisi Tangkap Wartawan Gadungan Usai Peras Kelompok Tani

Kupas News, Rejang Lebong - Seorang wartawan gadungan mengaku dari media Tribun Tipikor berinisial SE (40 tahun) terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan...

Bengkulu Targetkan Bebas Rabies Tahun 2030

Kupas News, Kota Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menargetkan provinsi Bengkulu terbebas dari Penyakit Rabies. Penyakit rabies merupakan penyakit yang dapat menular dari...

Bantuan Alsintan Gratis untuk Petani Bengkulu

Kupas News, Bengkulu – Program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu yang sempat terhenti 2 tahun terakhir akibat terjangan pandemi COVID-19 kembali dijalankan. Salah...

Terbaru