Beranda KULINER Berani Makan Kerupuk Lintah?

Berani Makan Kerupuk Lintah?

0
Kerupuk Lintah Laut
Kerupuk Lintah Laut

kupasbengkulu.com – Apa yang terlintas difikiran Anda bila mendengar kata ‘lintah’? Nah bagaimana pula kalau lintah dijadikan kudapan dalam bentuk kerupuk? Itulah yang ditemukan kupasbengkulu.com saat kunjungan ke Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa waktu lalu.

Namun lintah yang dijadikan kerupuk bukanlah lintah penghisap darah, tetapi lintah laut yang sering kita kenal teripang atau nama lain timun laut.

Teripang adalah hewan laut yang tergolong keluarga Holothuroidea, memiliki tubuh memanjang dengan permukaan kulit agak kasar. Hewan ini biasanya hidup di dasar laut dan ditemukan secara luas di seluruh dunia.

Teripang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Biasanya teripang dikeringkan, dibuat serbuk, dan digunakan sebagai lotion, atau dijadikan ekstrak.

Masyarakat mempercayai bahwa teripang berkhasiat untuk mengobati luka kulit, maag, meningkatkan kekebalan tubuh dan berbagai manfaat lainnya.

Mengingat bentuknya yang ‘unik’, teripang biasanya disajikan dalam berbagai bentuk seperti saos dan inovasi lain seperti kerupuk, layaknya yang dilakukan masyarakat Lombok.

Untuk dijadikan kerupuk, teripang diolah sedemikian rupa, namun tetap dengan bentuk utuh tanpa dipotong-potong.

Karena bentuknya dan warnanya yang ‘unik’ tersebut beberapa konsumen merasa takut untuk mencoba, namun ada juga yang tertantang untuk mencoba. Tanpa tambahan banyak bumbu, rasa olahan kerupuk teripang tidak berbeda jauh dengan rasa kerupuk kulit (kerupuk jangek). Ukuran teripang ini bervariasi mulai dari seukuran kelingking hingga jempol.

Teripang mengandung protein, kolagen, berbagai macam mineral, mukopolisakarida, glukosaminoglikan, kondroitin, asam lemak berupa omega 3,6, dan 9, serta berbagai macam asam amino.

Kolagen bermanfaat untuk kesehatan kulit, membantu menyembuhkan luka, mengurangi masalah pada lambung, serta berperan bagi pertumbuhan tulang rawan. Senyawa kondroitin bermanfaat untuk menjaga fungsi normal persendian, meringankan radang sendi, mencegah osteoporosis dan osteoarthritis. So, beranikan Anda mencoba olahan lintah laut ini??? (beb)