oleh

Mau Tahu Cara Meningkatkan Berat Badan Sapi, Klik Ini…

kupasbengkulu.com – Untuk menambah berat ternak sapi sesuai yang diinginkan, peternak semestinya tidak perlu bingung lagi dalam mendapatkan pakan yang berkualitas. Pasalnya, kombinasi dedak padi dan kopi, dengan tetes tebu atau gula merah, akan dapat meningkatkan bobot sapi hingga 1,5 Kilogram perharinya.

Permentasi pakan ternak yang tengah dikembangkan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kepahiang, dalam rangka membantu ataupun memenuhi kebutuhan pakan 90 ekor sapi milik 6 kelompok peternak di Kecamatan Kabawetan.

“Permentasi pakan itu sudah teruji khasiatnya dalam meningkatkan bobot ternak sapi. Saat ini, kita sedang mempersiapkan untuk pakan sapi milik kelompok peternak yang ada
di Kecamatan Kabawetan. Kesimpulannya kita dari pihak dinas memberikan bantuan untuk ternak miliki kelompok tersebut,” kata Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Kepahiang, Hernawan, Jumat (5/9/2014).

Untuk memenuhi kebutuhan pakan sapi sebanyak 90 ekor, permentasi pakan unggulan ini akan di persiapkan oleh pihak Dinas Peternakan dan Perikanan sebanyak 20 Ton. Jumlah pakan itu sendiri, sudah berdasarkan takaran maupun tingkat kebutuhan pakan ternak disetiap ekornya.

“Sebelumnya kita sudah melakukan survey terhadap ternak kelompok yang ditargetkan menerima bantuan pakan ternak dari kombinasi dedak padi dan kopi ini. Sekiranya, jumlah pakan sebanyak 20 ton itu, sudah lebih dari mencukupi,” ujar Hernawan.

Ditambahkan Hernawan, dalam menyempurnakan komposisi pakan sapi dengan tiga jenis bahan yang telah disebutkan diatas, memerlukan tambahan garam dan bakteri pengurai limbah (Starbio).

“Selain diperlukannya bahan tambahan, proses pembuatannya memakan waktu selama 7 hari. Terpenting lagi untuk diketahui kita semua, bahwa jenis pakan yang jika pengolahannya sempurna itu dapat meningkatkan berat per ekor sapinya minimal 1,5 kilogram perhari, ” demikian Hernawan.(cr11)

News Feed