Minggu, November 27, 2022

Membentuk Jati Diri Anak, Orang Tua Lebih Berperan

Baca selanjutnya

Hendri (Psikolog)
Hendri (Psikolog)

kupasbengkulu.com – Psikolog Hendri mengungkapkan bahwa membentuk jati diri anak sekarang harus bersaing dengan teknologi yang semakin maju. Pasalnya pengaruh teknologi yang semakin maju tersebut semakin mempengaruhi anak.

“Anak pada tahap usia 13 tahun hingga 20 tahun masih fase tahap pencarian jati diri. Pada tahap inilah peran orang tua harus lebih memperhatikan anak,” kata Hendrik.

Hendri memberi contoh, pada saat anak tersebut menggunakan internet dan jejaring sosial seperti Facebook harus diberi arahan. Arahannya seperti menanyakan dahulu kegunaan jejaring sosial tersebut.

“Makanya orang tua jangan marah dahulu karena biasanya melihat dari media banyak kejahatan yang terjadi jejaring sosial maka orang tua beperan aktif dan mengerti kegunaan media jejaring sosial tersebut,” ujarnya.

Dikatakannya, orang tua jangan seperti kasus anak yang pernah meninggal di warnet karena kecanduan game online yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Hal ini penyebabnya karena kurang kontrol dari orang tua sendiri yang tidak memperhatikan serta membebaskan kegiatan anak tanpa ada kontrol dari orang tua.

“Orang tua boleh membebaskan pergaulan anak, tapi kembali lagi orang tua perlu menanamkan pola fikir yang ia mau tapi jangan terlalu dimanja,” pungkasnya.

Selain itu, saat anak menonton acara televisi, orang tua harus memberi masukan kepada anak. Orang tua lebih memilih acara yang tepat untuk anak serta jadwalkan waktu untuk anak.

“Nonton TV orang tua harus menemani anak, pasti kalau ada adegan yang mengandung porno maka anak yang berusia 13 sampai 20 tahun tersebut akan malu,” jelasnya.

Dalam hal ini sebenarnya peran pemerintah, orang tua serta masyarakat yang harus mendukung batas-batas pergaulan anak. Sehingga hal ini anak lebih memfokuskan untuk sekolah dan menghindar dari bentuk kejahatan.(cr3)

Masa Sidang Ke III Legislator Marlesi Jemput Aspirasi Konstituen Dapil II

Kupas News, Bengkulu – Memasuki akhir tahun 2022, seluruh anggota dewan provinsi Bengkulu menjalani masa reses. Dimana menyerap aspirasi dan menindaklanjuti aspirasi merupakan perwujudan...

Pembukaan KBN 2022 di Bengkulu Ditandai Peluncuran Logo dan Maskot

Kupas News, Kota Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) 07 membuka secara resmi kegiatan Kemah Bela Negara Nasional (KBN)...

Polda Bengkulu Gelar Shalat Ghaib untuk Korban Gempa Cianjur

Kupas News, Kota Bengkulu – Ungkapkan rasa turut berduka cita atas musibah gempa yang menimpa daerah Cianjur Jawa Barat, Personil Polda Bengkulu , Jum’at...

Polisi Tangkap Dua Pelaku Curas yang Beraksi di STQ Bengkulu

Kupas News, Kota Bengkulu – Polsek Selebar berhasil menangkap dua dari tiga pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas) yang terjadi pada Senin 21...

Lelang Eselon II, 22 Pendaftar Masuk Tahap Seleksi Administrasi

Kupas News, Kota Bengkulu – Proses lelang jabatan pejabat eselon II Pemkot Bengkulu telah memasuki tahapan seleksi administrasi berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan. Saat ini...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru