oleh

Membuat yang Menjijikan Menjadi Menjanjikan

tempat sepatu terbuat dari plastik bekas dan sampah
tempat sepatu terbuat dari plastik bekas dan sampah

kupasbengkulu.com – Kretivitas tinggi ditunjukkan ibu-ibu kelompok Bumi Sehasen Kabupaten Kepahiang dengan membuat beragam kreasi dari sampah plastik rumah tangga.

Kreatifitas tersebut ditemui dalam lomba membuat barang bekas atau sampah menjadi bermanfaat di Kantor Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Bengkulu, Selasa (24/6/2014).

Beragam sampah rumah tangga yang tadinya tidak berguna, oleh ibu-ibu kreatif ini diubah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi tinggi, diantaranya dibuat menjadi rak sepatu plastik. Rak sepatu serbaguna ini terbuat dari sampah plastik rumah tangga diantaranya plastik bungkus minyak goreng, tepung terigu, penyedap rasa, makanan burung dan plastik lainnya.

Rehiza selaku ketua kelompok Bumi sehasen mengaku kegiatan ini dilakukan berkat rasa kepedulian mereka terhadap lingkungan dan merupakan bentuk usaha mengurangi sampah, serta mengubah sampah yang tadinya menjijikan menjadi menjanjikan yang secara tidak langsung mengurangi pencemaran tanah.

Rak sepatu hasil karyanya ini cukup banyak peminat, karena memiliki fungsi yang cukup banyak. Selain digunakan untuk menaruh sepatu juga dapat digunakan untuk menaruh helm, boneka, bahkan pakaian.

Harga jual yang ditawarkan untuk rak sepatu ini berkisar 75.000 – 110.000 tergantung ukuran. Harga yang cukup menjanjikan untuk benda yang tadinya adalah sampah. Bila dikelola dengan sedikit ketekunan dan kreativitas maka sampah yang tadi menjijikan maka akan menjadi menjanjikan, pungkas Rehiza. (tea)

Rekomendasi