Beranda INSPIRASI Operasi Kanker Tulang, Orangtua Rizki Jual Tanah dan Rumah

Operasi Kanker Tulang, Orangtua Rizki Jual Tanah dan Rumah

0
Rizki siswa SD N 75 Kota Bengkulu
Rizki siswa SD N 75 Kota Bengkulu
Rizki siswa SD N 75 Kota Bengkulu

kupasbengkulu.com – Rizki Ridho Kurniawan kelas VI murid SD Negeri 75 Kandang Kota Bengkulu, penderita kanker tulang sejak dua tahun terakhir, di bagian paha sebelah kanan. Saat ini tidak bisa bergerak dari tempat tidurnya. Kondisi ini lantaran tulang paha sudah dipotong sepanjang 10 cm. serta bekas luka jahitan yang masih membekas sebanyak 24 jahitan, dibagian samping paha kanan 11 jahitan, dan bagian atas paha 13 jahitan.

Hal tersebut setelah anak ke 3 dari 5 bersaudara ini, operasi di RSUD M Yunus Bengkulu, 2 tahun silam. Akibatnya, kaki sebelah kanan Rizki mesti ditopangi dengan botol air mineral ukuran 1,5 liter sebanyak 2 buah yang berisikan air agar kaki tetap lurus. (baca: kanker tulang Murid SDN 75 UAS di Rumah)

”Anak saya sudah dua kali operasi kanker tulang di rumah sakit, dan tulang pahanya juga terpohong sepanjang sekitar 10 cm,” kata Ibu, Rizki, Nurhasanah (43), saat ditemui di kediamannya, di Perumnas Kandang Mas RT 23 RW 06 Block C No. 62 Kelurahan Kandang Mas Mulya, Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu, Senin (19/5/2014).

Ia menceritakan, kanker tulang yang dialami anaknya bermula demam tinggi dan pembengkakan pada paha sebelah kanan. Melihat kondisi tersebut, lanjut dia, dirinya membawa anaknya untuk berobat di RSUD M Yunus Kota Bengkulu. Hasilnya, Rizki mengalami kanker tulang dan mesti dioperasi.

”Sudah dua kali anak saya di operasi, yang pertama operasi kanker tulang dan kedua operasi pemotong tulang paha. Saat itu rambut anak saya juga sempat rontok,” jelas Nurhasanah.

Meskipun telah operasi sebanyak 2 kali, terang Nurhasanah, anaknya mesti dioperasi ke tiga untuk memasang kawat dibagian tulang yang telah dipotong dibagian paha. Namun, jelas dia, untuk operasi ketiga tersebut, keluarganya tidak memiliki uang yang cukup lantaran biaya memakan biaya besar.

Bahkan, dalam operasi ketiga tersebut dirinya mesti menjual rumahnya agar anaknya bisa dioperasi. Sebab, suaminya Endang Sumantri (47) hanya berprofesi sebagai sopir mobil disel ekspedisi yang hanya berpenghasilan pas-pasan.

”Sekarang Rizki masih checkup dan menembus obat, tapi untuk operasi ketiga belum bisa dilakukan karena biaya tidak ada. Kalau pun mau dioperasi tanah rumah saya ini harus dijual,” imbuh Nurhasanah.

Secara terpisah, Kepsek SD Negeeri 75 Kandang, Kepsek SD N 75, Kusmabuti menjelaskan, sejak mengalami sakit kanker tulang 2 tahun lalu, Rizki masih mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah. Ia menambahkan, dalam lingkungan sekolah dirinya tidak terlalu menonjol dalam prestasi. selain itu, Rizki dikenal cukup baik oleh teman-teman sejawatnya.

”Kalau sakitnya tidak kambuh, maka dia pergi ke sekolah diantar orangtuanya. Namun, ketika sakitnya kambuh dia izin tidak masuk ke sekolah,” pungkas Kusumabuti.

Penulis: Demon Fajrie