Beranda DAERAH BENGKULU Pengemis di Kota Bengkulu Menjamur

Pengemis di Kota Bengkulu Menjamur

0
Pengemis di Simpang Empat Padang Harapan, Kota Bengkulu
Pengemis di Simpang Empat Padang Harapan, Kota Bengkulu
Pengemis di Simpang Empat Padang Harapan, Kota Bengkulu

kupasbengkulu.com – Tampaknya penertiban rutin yang dilakukan Dinas Sosial Kota Bengkulu bekerjasama dengan Satpol PP Kota, maupun pihak Taruna Siaga Bencana Tagana (Tagana) tidak menimbulkan efek jera pada para pengemis. Hal itu dapat dilihat dari masih banyaknya pengemis yang beroperasi di persimpangan dalam kota, seperti di Simpang 4 Padang Harapan.

Siang ini, Rabu (16/4/2014) terlihat delapan pengemis beroperasi, mereka tampak berpasang-pasangan. Saat lampu merah menyala, mereka mulai beraksi, seorang berperan sebagai penuntun, sementara pengemis lainnya menengadahkan wadah untuk meminta sedekah pada pengguna jalan. Sementara saat lampu hijau mereka terlihat berteduh dengan duduk di tepi jalan.

Menyikapi hal itu Kepala Dinsos Kota, Sudarto Widyoseputo, mengungkapkan berdasarkan pengamatan, sebagian besar pengemis tersebut adalah wajah baru. Ia juga mengakui dalam dua hari terakhir perhatian untuk penertiban pengemis tidak maksimal, karena anggota Tagana fokus mencari korban tenggelam di Pulau Baai, Kecamatan Kampung Melayu.

“Anggota kami sedang membantu pencarian korban tenggelam, jadi memang tidak bisa untuk menertibkan pengemis. Sehingga jumlah mereka lebih banyak dari biasanya, terlebih memang ada pengemis yang sengaja datang dari luar kota,” kata Sudarto, Rabu (16/4/2014).

Ia meyakinkan setelah pencarian korban tenggelam selesai, penertiban rutin akan dimaksimalkan dan digelar setiap hari selama sebulan penuh. (beb)