Beranda DAERAH BENGKULU TENGAH Perbaikan Jembatan di Bengkulu Tengah Mulai Dilakukan

Perbaikan Jembatan di Bengkulu Tengah Mulai Dilakukan

0
Kepala Dinas PU Bengkulu Tengah, Rahmat Riyanto, dan Kepala BPBD Yanuar Agus
Kepala Dinas PU Bengkulu Tengah, Rahmat Riyanto, dan Kepala BPBD Yanuar Agus
Kepala Dinas PU Bengkulu Tengah, Rahmat Riyanto, dan Kepala BPBD Yanuar Agus

kupasbengkulu.com – Perbaikan jembatan 10 jembatan berstatus mendesak di Kabupaten Bengkulu Tengah akhirnya dimluai, Rabu (28/5/2014).

Perbaikan ini masih bersifat darurat, yakni hanya menggantikan balok besar di sepanjang jembatan yang memungkinkan kendaraan bisa lewat.

Perbaikan ini akan dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat. Kadis PU, Rahmat Riyanto menyatakan jembatan ini diprioritaskan.

Sebelumnya, diakui beberapa kantor sempat sepi, karena keadaan jembatan ini berbahaya untuk dilewati.

“Untuk dana, kita masih menghitung, yang jelas perbaikan ini bersifat sementara, kita akan menganggarkan pada tahun depan untuk peningkatan, termasuk penggantian seluruh ornamen jembatan dan pengecatan ulang,”tambah Rahmat.

Sementara itu, 9 jembatan lain, beberapa diantaranya sudah ada yang diperbaiki oleh warga secara swadaya. Kepala BPBD, Yanuar Agus menambahkan, meskipun telah diperbaiki sendiri, tentu hasilnya tidak akan begitu maksimal. Oleh sebab itu, beberapa jembatan tersebut tetap akan mendapat perbaikan lanjutan. Selain itu, seluruh jembatan belly di wilayah ini ternyata hanya berkapasitas 5 ton.

“Selanjutnya, kita akan meletakkan tanda kapasitas maksimal jembatan, sehingga bila lebih dari itu, tidak diperkenankan lewat,”pungkas Yanuar. (vai)