oleh

Persiapkan Dana Darurat sebagai Keluarga Kecil dengan Cara-cara ini

Dana darurat dalam keluarga sangat penting, terutama karena ada banyak pengeluaran yang tidak terduga sekarang Anda sudah tidak sendiri. Mulai dari sakit mendadak atau perlu keluar kota bertemu keluarga, ada banyak kejadian yang membutuhkan dana cepat. Sayangnya, kita kerap memberlakukan dana untuk keadaan darurat sebagai sisa dari penghasilan, sebenarnya ada cara tepat untuk mempersiapkannya.

Tips Mempersiapkan Dana Darurat sebagai Keluarga

Berikan perlindungan pada keluarga dengan mengatur keuangan dengan seksama dan detail. Persiapkan juga dana darurat untuk saat-saat yang tidak diperhitungkan, kadang kondisi tersebut membutuhkan uang yang tidak sedikit. Berikut adalah beberapa tips memilih cara untuk bisa mengumpulkan dana darurat untuk kebutuhan keluarga.

1. Tentukan Kebutuhan Sehari-hari

Sebagai keluarga, ada beberapa pengeluaran rutin yang jumlahnya pasti dan harus diutamakan terlebih dahulu. Kalkulasikan jumlahnya dan sisihkan terlebih dahulu. Hal seperti listrik, wifi, gas, dan lain sebagainya harus sudah terbayarkan, baru bisa dihitung besaran dana yang akan disisihkan sebagai dana untuk kondisi darurat.

2. Alokasi Dana Diperlakukan sebagai Pengeluaran Rutin

Dengan mengetahui secara pasti pengeluaran tiap bulan, baru Anda tentukan jumlah dana darurat yang akan dialokasikan. Besarannya juga disesuaikan dengan kebutuhan, dengan demikian Anda bisa lebih disiplin untuk tidak mengganggu gugat isinya. Masukan dana darurat layaknya dana rutin lainnya, jadi nominalnya stabil dan Anda memasukkannya secara teratur juga.

3. Buatlah Anggarannya Secara Otomatis

Ada cara yang cerdas untuk memastikan Anda tidak lupa untuk memasukkan dana untuk keadaan darurat. Lakukan auto debet dari akun rekening tabungan ke akun terpisah yang dikhususkan untuk dana darurat. Jadi, semua dilakukan secara langsung dan tidak perlu cara manual. Selain itu, Anda juga tidak akan lupa atau banyak alasan untuk tidak mengisi dana bulan tersebut.

4. Terpisah dari Buku Tabungan

Kalau membuat sistem secara otomatis, berarti dana darurat jangan ditaruh pada tabungan Anda dan harus dipisahkan. Anda bisa buat tabungan lain, atau menjadikan dana darurat dalam bentuk investasi seperti deposito atau saham. Jadi, Anda tidak bisa menggunakannya secara mudah.

5. Sedikit daripada Tidak Sama Sekali

Pasangan muda yang baru menikah mungkin tidak memiliki penghasilan yang besar, tapi fakta ini seharusnya tidak dijadikan alasan untuk tidak membuat budget ketika keadaan darurat. Jadi, walaupun nominalnya sedikit, akan lebih baik daripada tidak ada sama sekali. Asalkan konsisten dan rutin maka berapapun yang berhasil dikumpulkan akan lambat – laut menjadi banyak.

6. Buat Target Dana

Kita tidak bisa memprediksi hal darurat apa saja yang bisa terjadi, tapi Anda bisa melakukan perkiraan. Biaya rumah sakit, atau tiket pesawat pulang kampung, atau biaya turun mesin mobil, semua ada perkiraannya. Coba untuk mendiskusikan dengan pasangan berapa prediksi terbaik untuk dijadikan sebagai dana darurat, jadi semua orang terlibat dan turun memikirkannya.

7. Mulai Sedikit dan Sekarang Juga

Situasi darurat kerap membutuhkan uang besar, jadi persiapan ini seharusnya bisa membuat Anda lebih tenang dan bukan justru panik. Mulailah dengan nominal sedikit, tapi jangan ditunda-tunda. Dengan berjalannya waktu, Anda bisa memiliki perkiraan lebih baik dan nominalnya bisa diperbesar. Ini adalah pos keuangan jangka panjang jadi tidak perlu khawatir kalau ada terjadi sesuatu.

Anda dapat mengajukan kredit online sebagai pilihan darurat kalau dana yang sudah disisihkan tidak mencukupi. Gunakan aplikasi aman Tunaiku yang proses cairnya cepat dan mudah. Tunaiku adalah produk PT Bank Amar Indonesia Tbk yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Tunaiku selain izin fintech, ada juga produk pinjaman online yang telah mengantongi izin usaha bank umum konvensional dari OJK.

Anda bisa unduh aplikasi Tunaiku dan mendaftar sebagai pengguna. Aplikasi pinjam uang ini bisa jadi solusi terbaik bagi Anda yang sedang dalam keadaan terdesak dan memerlukan uang dengan segera. Tidak perlu takut bunganya besar atau mengalami kesulitan. Tunaiku memberikan jaminan bisa pinjam uang dengan aman dan nyaman.

Rekomendasi