oleh

Ramadhan, Siswa Kota Bengkulu Padat Agenda Relijius

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Drs. Gianto
Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Drs. Gianto

kupasbengkulu.com – Siap-siap menyambut bulan suci ramadhan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu telah mempersiapkan sejumlah agenda relijius bagi para siswa tingkat SD, SMP, SMA, maupun SMK.

Beberapa agenda yang dipersiapkan, antara lain mengadakan pra pesantren Kilat bagi para siswa yang dinilai memiliki kecakapan organisasi, lomba mengaji, pesantren kilat massal, serta buka puasa bersama.

“Pra pesantren kilat ini diadakan bagi para siswa yang dinilai memiliki kecakapan organisasi, sehingga satu sekolah diwakili 10-12 siswa saja. Mereka nantinya akan menginap dan belajar agama selama 24 jam di masjid sehingga nantinya diharapkan ilmu yang mereka dapatkan bisa diterapkan dalam pelaksanaan pesantren kilat massal,” ujar Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Drs. Gianto, Selasa (17/06/2014).

Dilanjutkan Gianto, pra pesantren kilat ini akan dilaksanakan dalam tiga periode, yakni dari tanggal 29-30 Juni 2014, 4-5 Juli 2014, dan terakhir 6-7 Juli 2014.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan mengadakan lomba mengaji yang berhadiah wisata religius bersama Walikota ke Masjid Istiqlal, Masjid Kubah Mas, serta tempat religius lainnya di Jakarta.

“Walikota memberikan kesempatan bagi siswa yang pandai mengaji untuk bisa berwisata religius ke sejumlah tempat di Jakarta. Diperkirakan akan berangkat bulan Agustus atau usai lebaran,” lanjut Gianto.

Sementara pesantren kilat massal akan dilaksanakan dari tanggal 14-19 Juli 2014. “Karena kegiatan ini dalam rangka menyambut bulan ramadhan, sehingga kemungkinan besar siswa non muslim akan libur total hingga 6 Agustus 2014,” katanya lagi.

Tidak hanya itu, pada bulan ramadhan nantinya para siswa akan mengikuti buka puasa bersama setiap hari Senin di Masjid At-Taqwa Kota Bengkulu, yang akan melibatkan sekitar 1.700 siswa.

“Setiap hari Senin akan kita adakan buka puasa bersama siswa, nantinya akan melibatkan siswa sekolah-sekolah di Kota Bengkulu. Jadi sistemnya bergilir, setiap buka puasa akan diikuti sekitar 1.700 siswa,” demikian Gianto. (val)

Rekomendasi