oleh

Sembilan Tips Melatih Sikecil Berpuasa

illustrasi/Istimewa
illustrasi/Istimewa

kupasbengkulu.com – Ibu adalah madrasatun ula artinya sekolah pertama bagi anak-anak, karenanya Ibu berperan penting dalam mengajari atau mendidik anak dalam segala hal termasuk untuk berpuasa.

Menurut ustadzah Bunga Yayan, anggota LP3 MUI Provinsi Bengkulu yang juga merupakan pengasuh Bengkulu Hijabers Community (BHJ), ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengajari buah hati berpuasa sejak kecil dengan cara yang menyenangkan

1. Ajak mencintai islam dengan baik: untuk mengajari anak berbuat baik tentu orang tua harus baik terlebih dahulu. pada bulan sebelum puasa ajaklah si kecil untuk ikut beribadah seperti sholat bersama, ajari bersedekah, dan berbicara dengan sopan. dengan demikian, ketika bulan puasa tiba si kecil mulai terbiasa melakukan ibadah.

2. Ajak ibadah sejak dalam kandungan: mengajak anak berbicara sejak ia masih belum lahir sangat memberikan efek kecerdasan pada anak, hal ini berlaku pula untuk ibadah. karena menurut penelitian, harus diulang 3000 kali kalimat baik agar kebaikan itu lengket. ketika hamil rajinlah beribadah dan berbicara pada janin tentang ibadah apa yang dilakukan dan bagaimana ganjarannya, termasuk ketika sedang berpuasa.

3.Sambut Ramadhan dengan mendekorasi rumah: ketika ramadhan beberapa hari lagi akan tiba, hiaslah rumah seolah akan ada pesta. tidak perlu berlebihan dalam mendekorasi, cukup dengan memasang lampion, memberi beberapa hiasan di dinding, dan membuat mainan dari origami lalu digantung di pintu rumah. dengan cara ini si kecil akan merasa bahwa bulan puasa adalah hal yang menyenangkan.

4.Jangan sahur tergesa gesa: orangtua bangun lebih awal untuk menyiapkan sahur, agar waktu untuk menyantap sahur lebih panjang. jangan sampai mengajak si kecil sahur dengan waktu yang sudah mendekati imsak, karena selain makannya masih lambat ia tentu akan membenci puasa karena merasa tidak nyaman.

5 Gunakan bahasa yang halus dan mneyenangkan ketika membangunkan si kecil sahur.

6. Sediakan menu buka dan sahur yang si kecil suka : jika yang akan dikonsumsi adalah makanan favoritnya tentulah ia akan senang dan bersemangat dalam berpuasa.

7. Temani si kecil ketika puasa: terutama pada minggu pertama puasa, si kecil tentu belum terbiasa dnegan pola makan yang berubah. pada masa ini, ia bisa merengek sangat ingin makan dan bosan. untuk itu ajaklah sikecil bermain, beri dia tontonan kartun kesukaan, ketika sore anda sekeluarga bisa jalan jalan sambil mencari tempat berbuka di luar.

8. Beri reward : memuji anak yang telah berbuat baik akan membuatnya terdorong untuk mempertahankannya. ketika puasanya penuh berilah ia hadiah.

9. Cukupi gizi anak: agar buah hati anda tetap fit selama puasa pastika gizinya terpenuhi dengan memberikan makanan sahur dan berbuka yang sehat, akan lebih bagus jika dibuat sendiri.

Semoga dengan demikian si kecil menjadi tahan dan terbiasa berpuasa, tapi anda tetap harus ingat jika ia sedang sakit jangan dipaksakan karena akan membahayakan. (cr10)

Rekomendasi