oleh

Sepuluh Hikmah Puasa di Bulan Ramadhan

Gubernur di Desa Pondok Lunang Mukomuko, beberapa waktu lalu
Gubernur di Desa Pondok Lunang Mukomuko, beberapa waktu lalu

kupasbengkulu.com – Sepuluh hikmah puasa ramadhan di bulan suci ramadhan, bulan yang sangat mulia. bulan dimana umat muslim bersuka cita menyambut bulan suci ini. yang disampaikan Ustad H Junaidi Hamsyah S.Ag M.Pd di Masjid An-Ni’mah Desa Sidosari dusun Cideng Kecamatan  Sukaraja pada Jumat 20 Juni 2014. Karena puasa bulan yang penuh dengan amalan khusus untuk orang yang beriman dan bertaqwa.

Seperti firman Allah SWT dalam Qs. Al Baqarah 183, dengan berpuasa dapat menjadikan diri sehat, terhindar dari penyakit dan puasa juga merupakan kendaraan menuju pendekatan diri pada Allah SWT. Hikmah puasa ramadhan yang pertama yaitu, dimana bulan ramadhan bulan melatih diri untuk disiplin waktu.

Kedua, bulan ramadhan bulan yang menunjukkan pada manusia untuk seimbang dalam hidup. Ketiga, bulan ramadhan adalah bulan yang mengajarkan manusia akan pentingnya arti persaudaraan, dan silaturahmi. Keempat, bulan ramadhan mengajarkan agar peduli pada orang lain yang lemah.

Kelima, bulan ramadhan mengajarkan akan adanya tujuan setiap perbuatan dalam kehidupan. Keenam, bulan ramadhan mengajarkan pada kita hidup ini harus selalu mempunyai nilai ibadah. Ketujuh, bulan ramadhan melatih diri kita untuk selalu berhati-hati dalam setiap perbuatan, terutama yang mengandung dosa.

Kedelapan, bulan ramadhan melatih kita untuk selalu tabah dalam berbagai halangan dan rintangan. Ke sembilan, bulan ramadhan mengajarkan pada kita akan arti hidup hemat dan sederhana.

Kesepuluh, bulan ramadhan mengajarkan pada kita akan pentingnya rasa syukur, atas nikmat-nikmat yang diberikan. “Siapa yang lapang hatinya menyambut ramadhan, insya allah akan ringan dalam menjalankan puasa didalam bulan ramadhan ini, dan mulai dari dini kita wajib mengajarkan puasa pada anak-anak kita, agar terlatih dan terbiasa berpuasa. karena amalan puasa begitu banyak dan nikmat puasa itu sangat luar biasa,” kata Ustad Junaidi.(yee)

Rekomendasi