Minggu, Mei 26, 2024

Tunggu Bunga Bangkai Mekar, Wisatawan Bermalam di Hutan

bunga bangkai
ABADIKAN : Wisatawan lokal dan Jakarta mengabadikan penemuan Bunga Bangkai di KM 52 Kepahiang, Sabtu (11/1/2014).

kupasbengkulu.com – Bunga Bangkai spesies Amorphpophallus Titanium setinggi 1,5 meter dengan diameter diperkirakan 1 meter, ditemukan Lembaga Peduli Puspa Langka dan Lingkungan, Kepahiang di Hutan Lindung KM 52 Kabupaten Kepahiang sejak 2 hari lalu (9/1/2014). Bunga yang mengeluarkan bau busuk itu diprediksi bakal mekar sempurna 2 hari ke depan.

Penemuan bunga ini menarik perhatian wisatawan lokal, Jakarta dan Negara Jepang yang datang untuk melihat langsung lokasi tumbuh tanaman langka itu. Tidak hanya itu, untuk menyambut mekarnya bunga bangkai itu, wisawatan asal Jakarta saat ini rela mendirikan tenda didekat tumbuhnya Bunga Bangkai.

”Ini Bunga Bangkai spesies Amorphpophallus Titanium, diperkirakan akan mekar sempurna 2 hari lagi,” kata Holidi, dari Lembaga Peduli Puspa Langka, Kepahiang, Sabtu (11/1/2014).

Ia mengatakan, saat bunga yang mengeluarkan bau busuk itu mekar dengan sempurna hanya dapat bertahan selama satu hari. Setelah itu, kata dia, bunga itu akan kembali layu. Selain itu, lokasi tumbuhnya Bunga Bangkai tersebut merupakan kawasan penangkaran Bunga Bangkai dan Rafflesia yang selama ini telah banyak tumbuh.

”Disini memang kawasan tumbuhnya Bunga Bangkai, sedikitnya ada 6 Spesies. Tahun ini baru kali ini Bunga Bangkai mekar,” jelas dia.

Saat ini, lokasi tumbuh bunga bangkai itu sudah dibuat pagar pembatas, agar ketika pengunjung datang tidak langsung bersentuhan secara langsung. Selain itu, agar tidak merusak bunga tersebut. Lokasi penemuan bunga bangkai itu sekitar 150 meter dari jalan lintas Bengkulu – Kepahiang.(gie)

Related

Semangat Warga Makmurkan Masjid Diapresiasi Gubernur Rohidin

Kupas News, Kepahiang - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengapresiasi...

Janda Miliki Anak Sakit di Kepahiang Terima Bantuan Bedah Rumah

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat melakukan peletakan batu pertama...

Desa Belitar Seberang Urutan Ketiga Vote ADWI 2022, “Mela Kito Dukung”

Kupas News, Bengkulu – Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)...

Polres Kepahiang Tangkap 3 Orang Pengedar Uang Palsu

Kupas News, Kepahiang - Tiga orang tersangka pengedar uang...

1,8 Juta Raib Usai Dijanjikan Jadi Agen Es Krim

Kupas News, Kepahiang – Team Elang Jupi Sat Reskrim...