oleh

Unggul Jarak Tempuh, Wuling Nano EV Batal Jadi Mobil Listrik Termurah

Kupas Otomotif – Wuling bikin kaget semua orang dengan peresmian harga mobil listrik baru mereka Wuling Nano EV. Mobil itu batal jadi mobil listrik termurah di dunia. Dalam acara peluncuran resmi Selasa (5/10), Wuling akhirnya merilis harga resmi Wuling Nano EV yakni sebesar USD9.726 (59.800 RMB) atau setara Rp138,2 Juta.

Kepastian harga ini juga menghentikan desas-desus yang beredar sebelumnya dimana Wuling Nano EV akan jadi lebih murah dibandingkan saudaranya Wuling Hong Guang Mini EV. Termasuk melegakan konsumen Baojun E200 yang jadi basis pengembangan Wuling Nano EV.

Sebelumnya, banyak orang mengira Wuling Nano EV akan dijual di harga USD3.100 atau setara Rp44,1 juta. Prediksi harga itu jauh lebih murah dibanding Wuling Hong Guang Mini EV yang dijual di harga USD4.500 atau setara Rp64,4 juta.

Bahkan prediksi harga itu lebih murah dibanding basis mobil yang digunakan yakni Baojun E200. Diketahui Baojun E200 dijual di harga USD8.500 atau setara Rp120,8 juta.

CarNewsChina menyebutkan Wuling Nano EV tidak jadi menetapkan sebagai mobil listrik termurah di dunia karena memang posisi itu sudah dipegang oleh Wuling Hong Guang Mini EV. Terlebih lagi mereka memang tidak ingin merusak pasar Baojun E200, dengan desain yang sama, yang sudah lebih dulu masuk ke pasar mobil listrik China.

Wuling menempatkan mobil listrik baru itu di atas Wuling Hong Guang Mini EV dan Baojun E200. Tidak heran jika mereka membuat mobil listrik mungil itu terlihat premium. Caranya melalui kerja sama dengan Disney. Wuling Nano EV hadir dalam tampilan khusus karakter animasi Disney, Zootopia.

Tidak hanya itu Wuling Nano EV juga memiliki fitur yang lengkap. Model standar Wuling Nano EV sudah dilengkapi dengan airbag di bagian pengemudi, Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Management System (TMPS), Electronic E-Brae, Push-Button Start, kamera mundur, konektivitas Bluetooth dan sebagainya.

Sesuai dengan tampilan luarnya, interior Wuling Nano EV juga dibuat lebih berwarna. Tampilan dashboard cukup bersih dimana layar khusus digunakan sebagai panel informasi utama mobil.

Bukan hanya tampilan dan fitur saja yang bikin mobil ini jadi lebih mahal. Mobil listrik mungil ini dilengkapi dengan motor listrik berkekuatan 24 kW. Spesifikasi ini lebih kuat dibandingkan Wuling Hong Guang Mini EV dengan motor listrik 20 kW.

Tidak heran jika jarak tempuh Wuling Nano EV jauh lebih baik dibanding Wuling Hong Guang Mini EV yakni 350 kilometer dibanding 170 kilometer. Wuling Nano EV juga sudah mengadopsi teknologi fast charging. Jadi hanya butuh waktu 4,5 jam agar baterai mobil terisi penuh.***

Rekomendasi