Selasa, Mei 28, 2024

Wow ! Harga Jengkol = Daging Sapi

Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa

kupasbengkulu.com – Harga jengkol per kilo gram (Kg) di Kota Bengkulu, saat ini sama dengan harga daging sapi. Seperti di Pasar Panorama Kota Bengkulu, harga jengkol muda berkisar Rp 48 ribu per Kg atau lebih mahal dibandingkan dengan harga ayam potong berkisar Rp 24 ribu per Kg. Sementara, harga jengkol tua Rp 60 ribu per Kg atau setara dengan harga daging sapi.

”Harga jengkol saat ini sangat mahal, harganya setara dengan harga daging sapi. Bahkan, lebih mahal dari harga ayam potong,”kata salah seorang pemilik rumah makan di Kota Bengkulu, Fatmawati, Selasa (13/5/2014).

Fatmawati menyebutkan, jika beberapa tahun lalu jengkol sangat murah di daerah tersebut bahkan dapat dikatakan tak berharga. Namun saat ini harganya bahkan sama dengan harga daging sapi.

”Budidaya jengkol saya fikir harus tetap dilestarikan karena tanaman ini merupakan salah satu warisan tetua dahulu,” jelas Fatmawati.

Secara terpisah, Mahardi salah seorang pengumpul jengkol mengatakan, mahalnya harga jengkol itu ditengarai, sejak tanaman ini mulai ditinggalkan oleh masyarakat Bengkulu. Sehingga harga jenggol melambung tinggi di Kota Bengkulu.

”Salah satu penyebab harganya menjadi mahal permintaan dari luar kota seperti Jakarta, tetap tinggi, penyebab lainnya lantaran jengkol mulai menghilang di pasaran,” pungkas Mahardi.(gie)

Related

Sebanyak 9 KPM Desa Suka Mulya Terima BLT-DD Tahap II

Sebanyak 9 KPM Desa Suka Mulya Terima BLT-DD Tahap...

Pemprov Dukung Era Society 5.0 Dalam Upaya Menyiapkan SDM Berdaya Saing

Pemprov Dukung Era Society 5.0 Dalam Upaya Menyiapkan SDM...

Kabupaten Lebong Raih Digital Government Award 2024 di Jakarta

Kabupaten Lebong Raih Digital Government Award 2024 di Jakarta ...

Kades Talang Rendah Sulit Dikonfirmasi Usai Bantuan Pengadaan Unggas Ditolak Warga

Kades Talang Rendah Sulit Dikonfirmasi Usai Bantuan Pengadaan Unggas...

Lebong Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Se-Sumatera dalam Digitalisasi SPBE

Lebong Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Se-Sumatera dalam Digitalisasi...