Minggu, Juli 3, 2022

Yuk, Cicipi Gulai Remis Khas Seluma

Baca selanjutnya

Gulai Remis, Kuliner Khas Seluma
Gulai Remis, Kuliner Khas Seluma

kupasbengkulu.com – Bicara kuliner nusantara seakan tidak ada habisnya. Di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu sendiri ada satu masakan khas yaitu gulai remis.

“Gulai remis ini hanya ada di Kabupaten Seluma, dan merupakan kuliner khas daerah kami,” beber Helwandi tokoh Masyarakat Kelurahan Lubuk Lintang, Kecamatan Seluma Kota.

Dalam penyajiannya tidak terlalu rumit, biasanya direbus dan dimasak dengan santan supaya lebih gurih, dan bumbunya meresap ke dalam daging remis. Agar lebih segar, biasanya gulai remis ini juga ditambahkan dengan sayuran.

Meskipun direndam beberapa hari tetap tidak bisa menghilangkan ciri khas rasa makanan laut, rasa asin bercampur daging tipis yang kenyal membuat selera makan bertambah.
Apalagi kuah sayurnya ketika di lidah terasa segar, sehingga kerap dihirup tanpa menggunakan nasi.

“Karena kelezatan rasanya, gulai remis ini menjadi sasaran empuk pengunjung beberapa warung makan di Kota Tais,” ungkap Helwandi.

Karena kelangkaannya, lanjut dia, harga gulai remis ini cukup tinggi. Per porsi biasanya warung makan mematok harga Rp 15 ribu.

Sementara untuk mendapatkan remis, biasanya ada di lokasi objek wisata Pantai Seluma. Dengan menggores pasir di pinggir pantai menggunakan alat dari besi, biasanya remis ini mudah ditemukan.

“Alat besi yang digunakan berbentuk seperti gancu (alat angkat sawit,red) mirip arit padi hanya saja berukuran kecil. Ketika alat ini digoreskan di pasir, cangkang remis akan terasa. Baru kemudian diambil menggunakan tangan,” bebernya lagi.

Jadi, daripada penasaran ayo berburu gulai remis di warung makan yang ada di Kabupaten Seluma. Selamat menikmati!(cr9)

Minat Investor Tidak Berpengaruh Saat Bitcoin Turun

JAKARTA - Turunnya harga aset kripto saat ini tak mempengaruhi minat investor untuk melakukan investasi kripto ini. Bahkan jumlah investor kripto terus tumbuh pada...

Benturan Keras Sebabkan Tewasnya Pelajar di Bendungan Nakai

Kupas News, Bengkulu Utara - Salah seorang pelajar tewas tenggelam saat mandi di Bendungan Sungai Air Nakai Desa Batu Raja, Bengkulu Utara, Kamis, (30/06)...

Polres Bengkulu Utara Berhasil Tangkap Pemuda TO Kasus Narkoba

Kupas News, Bengkulu Utara - Satres Narkoba Polres Bengkulu Utara kembali ungkap kasus tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I yang diduga jenis sabu-sabu di...

Rosjonsyah Minta Pemerintah Desa Miliki Skala Prioritas

Kupas News, Kota BengkuluĀ - Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah membuka acara peningkatan kapasitas kepala Desa dan ketua BPD se Kabupaten Rejang Lebong yang dilaksanakan...

Rakor Gubernur se-Sumatera 2022 Soroti Harga Sawit

  Kupas News, Pekanbaru - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang hadir pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur se-Sumatra 2022 menyoroti persoalan harga kelapa sawit yang...

Terbaru