oleh

Yuk, Kita Intip Pesaing Yamaha NMAX

Kupas Otomotif – Yamaha NMax saat ini menjadi salah satu primadona pecinta roda dua. Terbukti hampir disetiap jalanan selalu berseliweran. Motor dengan body bongsor ini selalu ada tempat dihati masyarakat Indonesia hingga saat ini. Maka tak heran jika Yamaha selalu mengembangkan inovasi pada motor ini.

Namun seiring berjalannya waktu produk matic mulai meramaikan pasar motor berbody bongsor yang dikabarkan memiliki body menggiurkan. Kira-kira sobat Kupas Bengkulu sudah tau belum jenis motor apa saja yang sudah di keluarkan dalam bentuk body yang sama-sama bongsor ini?

Pesaing Yamaha N-Max adalah PCX. Keduanya sama-sama pengusung motor berbody bongsor yakni Honda PCX 150. Skutik premium buatan Honda ini diperkenalkan oleh PT AHM selaku ABM produk motor Honda di Indonesia yang berdiri pada 13 Desember 2017 silam. Tentu saja perkenalan Honda PCX 150 buatan pabrikan Honda lokal tersebut bakal dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan versi unit impor utuh yang didatangkan dari Vietnam.

Tak hanya itu saja, bahkan skutik yang diproduksi pabrik AHM di Sunter ini dipastikan bakal memberikan sedikit sentuhan pembaharuan yang tampak jelas pada bagian sektarnya. Yang mana setiap pembaruan Honda pcx 150 tersebut memang disesuaikan dengan kebutuhan maupun keinginan para konsumen di tanah air. Apalgi pihak AHM diketahui akan melengkapinya dengan fitur fitur baru yang lebih canggih dan handal dalam menunjang kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Diketahui Honda PCX ini mengusung mesin yang persis sama vario 150 yakni memiliki kapasitas mesin 149,3 Cc dan pastinya bakal sangat gagah saat memakainya. Yang jelas motor ini pun  memiliki ruang pacu tipe SOHC, empat langkah dengan sistem pendinginan cairan dan bertekhnologi ESP. dimana tekhnologi ESP sangat berperan dalam menjaga suhu mesin agar selalu stabil dan selalu dingin.

Namun dari kabar yang beredar ternyata bukan Honda PCX yang menjadi lawan Yamaha NMAX. Kali ini justru GPX DRONE yang merupakan skutik asal negeri gajah putih yang spesifikasi lengkapnya motor matic baru saingan Yamaha NMAX dan Honda PCX 150. Fitur mutakhir gabungan dua negara yaitu pabrikan asal Thailand GPX dan pabrikan Taiwan SYM memiliki lekukan tajam yang hampir ada diseluruh body sehingga menjadi ciri khas dari GPX DRONE.

Untuk fitur penerangan yang ada, GPX DRONE  memiliki penerangan serba LED dan dilengkapi dengan IRL juga. Pada instrument dari GPX DRONE sudah full digital full colour. Rival Yamaha NMAX dan Honda PCX 150 ini memiliki dua soket USB Charger biar makin praktis soal pengisian daya ponselnya. Kemudian pada bagian pengereman, GPX DRONE juga dilengkapi dengan sistem CBS.

Spesifikasinya pada motor bongsor ini memiliki kapasitas mesin 149,6 Cc SOHC selinder tunggal berpendingin cairan. Sayangnya belum ada detail power dan Torsi maksimal dari GPX DRONE. Bobot motor baru ini pun mencapai 150 Kg dengan kapasitas tangki 7,5 liter. Kemudian disektor kaki kakinya DRONE punya velg 14 inci dengan ukuran 110/90  dan 110/80 untuk depan dan belakangnya.

Skutik hasil kerja sama yang menyandang nama GPX DRONE tersebut diluncurkan di negeri gajah putih dengan tiga varian yakni standart, keyless dan keyless special atau special edition.

GPX yang menggaet sym untuk mengembangkan skuter premium beberapa waktu lalu kini resmi meluncurkan hasilnya. Modelnya sudah rampung dan resmi dijual di Thailand dengan harga 30 jutaan, cukup murah untuk pasarnya.

DRONE memiliki ruang sporty yang lebih kental sekaligus body yang besar. GPX pun tak malu malu mengakui motornya  bukan murni buatan pabrik sendiri lantaran dalam identitas stiker pun ditulis lugas bahwa DRONE merupakan kolaborasi pabrikan Thailand dan Taiwan bahkan permukaan CVT nya pun tak diganti tetap mencetak nama SYM. Memang faktanya seluruh komponen dapur pacu mengambil dari basis skuter 150 Cc milik SYM dengan kapasitas bersih 149, 6 Cc dua katup.

Tentunya dengan sistem injeksi elektroniksecara dimensi bodinya agak bongsor khas design SYM yang kerap menyematkan panel panel yang berotot. Kadang terlihat lebih besar dari segmentnya. Panjang totalnya 2000 milimeter dan lebar 760 milimeter serta tingginya 1.115 milimeter. Pastinya masih kategori ramah untuk orang-orang di asia.

Lantas rangkaian itu menghasilkan bobot total 140 Kg. Dilihat dari designnya terlihat irama PCX pada siluet tubuhnya tapi tentu penerjemahannya berbeda. GPX membangun DRONE dengan fantasi serba robotic dan sporty. DRONE juga terlihat lebih proporsional dan lebih disukai.***

Rekomendasi