Jumat, September 30, 2022

148 Ribu Lebih KPM di Bengkulu Terima BLT Kenaikan BBM

Baca selanjutnya

Kupas News, Bengkulu – Pemerintah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) secara serentak seluruh Indonesia termasuk di Provinsi Bengkulu. Tercatat sebanyak 148.376 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Bengkulu turut menerima.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, BLT ini merupakan salah satu bentuk pengalihan subsidi BBM agar tepat sasaran. Jumlah BLT yang akan diterima masing-masing KPM adalah Rp600 ribu, tahap pertama senilai Rp300 ribu dan Rp300 ribu selanjutnya akan disalurkan pada bulan Desember mendatang.

“Jadi situasi sulit seperti ini kita hadapi dengan kerjasama. Apa yang dilaksanakan hari ini sangat tepat, pihak Pos Bengkulu menyalurkan BLT, kemudian di lokasi yang sama TPID, Bulog, Bank Indonesia bersama OPD teknis membuka pasar murah sehingga masyarakat tidak perlu jauh membeli kebutuhan pokok dan ini merupakan bentuk kolaborasi dan efesiensi” jelas Gubernur Rohidin, Rabu, (09/09)

Di samping itu yang tidak kalah penting menurut Gubernur Rohidin adalah validasi data KPM sehingga masyarakat yang belum masuk dalam data KPM bisa mendapatkan manfaat yang sama pada tahun mendatang.

Validasi yang dimaksud bukan penambahan data baru tapi verifikasi data yang ada karena dalam perjalanan waktu para calon penerima KPM itu bisa jadi ada yang meninggal dunia ataupun pindah domisili.

“Maka data-data seperti ini perlu diganti agar ada masyarakat yang memang kesulitan atau belum terdata sebagai KPM itu bisa menggantikan posisi ini. Saya meminta dinas sosial nanti koordinasi dengan pihak kementerian” kata Gubernur.

Selain penyaluran BLT BBM sebesar Rp300 ribu, pada kesempatan itu pula disalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) senilai Rp200 ribu. Total BLT yang diterima KPM se-Provinsi Bengkulu menjadi 500 ribu rupiah.

Penyaluran bantuan ini akan berlangsung hingga 10 hari ke depan, baik di Kota Bengkulu maupun di 9 kabupaten se-Provinsi Bengkulu.

Editor: Iman Sp Noya

Kapolres Mukomuko Imbau Warga Laporkan Peredaran Obat Terlarang dan Miras

Kupas News, Mukomuko - Dalam rangka kunjungan kerja di wilayah hukum Polsek Mukomuko Utara, Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto, Rabu, menggelar Forum Diskusi Situasi kamtibmas...

Forkopimda Sepakat Legalkan Aktivitas Pemungutan Limpasan Batu Bara

Kupas News, Kota Bengkulu - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Bengkulu serta Aparat Penegak Hukum (APH) Wilayah Hukum Bengkulu, sepakat mendukung Pemerintah Provinsi...

Polisi Tangkap Wartawan Gadungan Usai Peras Kelompok Tani

Kupas News, Rejang Lebong - Seorang wartawan gadungan mengaku dari media Tribun Tipikor berinisial SE (40 tahun) terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan...

Bengkulu Targetkan Bebas Rabies Tahun 2030

Kupas News, Kota Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menargetkan provinsi Bengkulu terbebas dari Penyakit Rabies. Penyakit rabies merupakan penyakit yang dapat menular dari...

Bantuan Alsintan Gratis untuk Petani Bengkulu

Kupas News, Bengkulu – Program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu yang sempat terhenti 2 tahun terakhir akibat terjangan pandemi COVID-19 kembali dijalankan. Salah...

Terbaru