Minggu, Mei 22, 2022

8 Meriam Benteng Malborough Dikonservasi

Baca selanjutnya

Tim  Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi (BPCBJ) sedang melakukan identifikasi meriam di Benteng Marlborough sebelum dilakukan konservasi.
Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi (BPCBJ) sedang melakukan identifikasi meriam di Benteng Marlborough sebelum dilakukan konservasi.

kupasbengkulu.com – Sebanyak 8 meriam di Benteng Malborough, Rabu (21/5/2014), sekitar pukul 10.01 WIB diidentifikasi atau diperiksa oleh tim Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi (BPCBJ) . Selanjutnya, meriam tersebut bakal dikonservasi ringan, Kamis (22/5/2014), dengan menggunakan bahan tradisional dan kimiawi agar meriam tidak mengalami kerusakan dan pelapukan.

”Sebelum dikonservasi terlebih dahulu kita lakukan identifikasi terhadap meriam,” kata Koordinator Pemeliharaan BPCBJ, Sri Mulyati, Rabu (21/5/2014).

Dalam identifikasi meriam nantinya, jelas dia, akan diketahui korosi berkarat, penyakit meriam serta lainnya. Dari hasil tersebut, lanjutnya, konservasi akan menggunakan bahan tradisional berupa jeruk nipis, kristal lilis, larutan teh serta bahan kimia paraloit dan tanin.

”Kita baru mengetahui korosi setelah ada hasil indentifikasi. Tujuannya agar meriam yang ada bisa awet dan bertahan lebih lama,” jelas Sri.

Secara terpisah, Koordinator Kepegawai BPCB Jambi, Kartika menyampaikan, dalam konservasi ringan dan identifikasi meriam, melibatkan peserta bimbingan teknis konservasi cagar budaya dari 4 provinsi, yakni Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan dan Bangka Belitung. Sementara pemateri berasal dari Kantor BPCBJ Jambi, instruktur, dari Balai Konservasi Borobudur.

”Ini merupakan program konservasi cagar alam dan peningkatan Sumber Daya Manusia tentang logam, batu, digabung dari 4 provinsi. Setelah mendapatkan materi peserta akan langsung praktek konservasi,” ungkap Kartika.

Setelah dikonservasi, lanjut dia, 8 meriam akan diangkat ke atas dudukan yang sebelumnya telah dibuat. Ini dilakukan untuk menghindari agar pengunjung tidak menduduki meriam.(gie)

Mantan Menakertrans Fahmi Idris Tutup Usia

Kupas News, Jakarta - Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Menteri Perindustrian, Fahmi Idris meninggal dunia pada Minggu 22 Mei 2022. Kepastian meninggalnya Fahmi...

Maraknya Konflik Agraria, Dempo Xler Menilai Hukum Tidak tegak

Kupas News, Bengkulu – Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler turut bersikap atas maraknya konflik agraria yang terjadi di wilayah Provinsi Bengkulu....

Ketua Dewan Supriyanto Dampingi Helmi Hasan Terima Penghargaan WTP dari BPK

Kupas News, Kota Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pengawas Keuangan (BPK) atas laporan keuangan...

ARGA Gelar Halal Bihalal Bertajuk Mendukung Pers Bersatu Membangun Negeri

Kupas News, Mukomuko – Aliansi Remaja Gemar Aktifitas (ARGA), Kamis (19/05) menggelar acara Halal Bihalal dan Silaturahmi bertajuk “Mendukung Pers Bersatu Membangun Negeri” di...

Sera dan Joan Bakal Jadi Kado Spesial JMSI di HUT Kabupaten Seluma

Kupas News, Seluma - Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Seluma yang ke-19, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Seluma mempersembahkan kado Spesial...

Terbaru