Sabtu, Desember 3, 2022

8 Meriam Benteng Malborough Dikonservasi

Baca selanjutnya

Tim  Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi (BPCBJ) sedang melakukan identifikasi meriam di Benteng Marlborough sebelum dilakukan konservasi.
Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi (BPCBJ) sedang melakukan identifikasi meriam di Benteng Marlborough sebelum dilakukan konservasi.

kupasbengkulu.com – Sebanyak 8 meriam di Benteng Malborough, Rabu (21/5/2014), sekitar pukul 10.01 WIB diidentifikasi atau diperiksa oleh tim Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi (BPCBJ) . Selanjutnya, meriam tersebut bakal dikonservasi ringan, Kamis (22/5/2014), dengan menggunakan bahan tradisional dan kimiawi agar meriam tidak mengalami kerusakan dan pelapukan.

”Sebelum dikonservasi terlebih dahulu kita lakukan identifikasi terhadap meriam,” kata Koordinator Pemeliharaan BPCBJ, Sri Mulyati, Rabu (21/5/2014).

Dalam identifikasi meriam nantinya, jelas dia, akan diketahui korosi berkarat, penyakit meriam serta lainnya. Dari hasil tersebut, lanjutnya, konservasi akan menggunakan bahan tradisional berupa jeruk nipis, kristal lilis, larutan teh serta bahan kimia paraloit dan tanin.

”Kita baru mengetahui korosi setelah ada hasil indentifikasi. Tujuannya agar meriam yang ada bisa awet dan bertahan lebih lama,” jelas Sri.

Secara terpisah, Koordinator Kepegawai BPCB Jambi, Kartika menyampaikan, dalam konservasi ringan dan identifikasi meriam, melibatkan peserta bimbingan teknis konservasi cagar budaya dari 4 provinsi, yakni Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan dan Bangka Belitung. Sementara pemateri berasal dari Kantor BPCBJ Jambi, instruktur, dari Balai Konservasi Borobudur.

”Ini merupakan program konservasi cagar alam dan peningkatan Sumber Daya Manusia tentang logam, batu, digabung dari 4 provinsi. Setelah mendapatkan materi peserta akan langsung praktek konservasi,” ungkap Kartika.

Setelah dikonservasi, lanjut dia, 8 meriam akan diangkat ke atas dudukan yang sebelumnya telah dibuat. Ini dilakukan untuk menghindari agar pengunjung tidak menduduki meriam.(gie)

JMSI Tetapkan Tiga Pemenang Lomba Video Pendek Wisata Bengkulu

Kupas News, Kota Bengkulu – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Bengkulu berkerjasama dengan BDF Creator menggelar lomba video pendek dalam rangka menyemarakan HUT Provinsi...

LIRA Bengkulu Surati Komisi I Panggil Manajemen PT. Pamor Ganda

Kupas News, Kota Bengkulu  – PT. Pamor Ganda hingga saat ini belum merealisasikan 6 poin kesepakatan atas pemenuhan tuntutan 3 desa penyangga. Kesepakatan ini...

Dua Pengedar Ganja Asal Kota Bengkulu Diringkus Polisi

Kupas News, Kota Bengkulu – Subdit I ditresnarkoba polda Bengkulu berhasil meringkus dua orang pengedar narkoba jenis ganja dengan barang bukti 10 paket ganja...

Petugas Damkar Berhasil Jinakan Api yang Melahap Tiga Ruko di Tanah Patah

Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api di Tanah Patah Kota Bengkulu, Kamis, 1 Desember 2022, Foto: Dok/Irfan Arief Kupas News, Kota Bengkulu - Peristiwa kebakaran...

Modus Politik Uang Melalui Dompet Digital pada Pemilu 2024

Oleh : Elfahmi Lubis* Ditengah persiapan teknis menyongsong pelaksanaan Pemilu 2024, berbagai potensi kerawanan tengah diidentifikasi. Dengan harapan berbagai bentuk kecurangan pada Pemilu sebelumnya bisa...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru