Selasa, April 23, 2024

Acara HUT Kota Ingin Lebih Dekat dengan Masyarakat

Pemukulan dol yang dilakukan Walikota Bengkulu H Helmi Hasan SE, Wawali Ir Patriana Sosialinda, dan pejabat kota lainnya tanda launching HUT Kota Bengkulu ke-295.
Pemukulan dol yang dilakukan Walikota Bengkulu H Helmi Hasan SE, Wawali Ir Patriana Sosialinda, dan pejabat kota lainnya tanda launching HUT Kota Bengkulu ke-295.

kupasbengkulu.com – Rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bengkulu ke-295, dikemas dengan mengedepankan kegiatan yang sifatnya lebih dekat ke masyarakat. Kegiatan yang diadakan mencakup kegiatan

olahraga, seni budaya, serta kegiatan sosial lainnya, yang di selenggarakan di tingkat pelajar, kelurahan maupun kecamatan yang ada di Kota Bengkulu. Hal ini seperti diungkapkan Walikota Helmi Hasan dalam acara
launching HUT Kota Bengkulu ke-295 di halaman Kantor Pemkot, Rabu (03/05/2014).

Acara ini diresmikan dengan pembukaan superbanner jadwal kegiatan HUT Kota, pemukulan dol, serta pelepasan balon oleh Walikota, Wawali, serta pejabat SKPD dan panitia.

“Dalam HUT Kota Bengkulu ini sangat mengutamakan partisipasi masyarakat, serta menonjolkan potensi yang ada pada masyarakat. Segala bentuk keindahan harus kita ekspos,” beber Helmi.

Salah satu mata acara guna meningkatkan potensi ini, menurut Helmi, adalah acara gerak jalan indah, yakni sebuah parade yang menampilkan potensi seni budaya.

Dalam acara tersebut peserta diperkenankan menggunakan pakaian adat dari setiap suku yang ada di Indonesia, sehingga masyarakat mengenal Kota Bengkulu sebagai kota yang multikultur, bukan hanya suku asli masyarakat Bengkulu saja.

“Pakaian atau kesenian adat dari suku apapun boleh ditampilkan dalam acara gerak jalan indah ini. Baik suku Lembak, Rejang, Serawai, Minang, Jawa, Bali, Batak, dan lainnya bebas berekspresi,” lanjutnya.

Acara gerak jalan indah ini akan diikuti seluruh pelajar se-Kota Bengkulu. Namun diingatkan Helmi, selain pakaian adat, pelajar juga diperbolehkan menggunakan pakaian sesuai profesi atau pekerjaan, serta pakaian khas
agama masing-masing.

“Kota ini luar biasa, jika semua potensi saling rangkul maka tidak ada yang tidak bisa kita capai. Apa yang kita harapkan selama ini bisa tercapai asalkan ada kekompakan,” pungkasnya.

Puncak dari acara HUT Kota Bengkulu ke-295 ini akan digelar malam syukuran pada tanggal 18 Maret 2014 di Balai Kota Bengkulu, yang akan lebih banyak menampilkan potensi masyarakat kota, baik dari segi budaya,
kesenian, agama, ekonomi, dan sebagainya yang dikemas dalam sebuah tampilan menarik nan apik.

“Kita sudah tunjuk anak muda yang akan menampilkan pertunjukkan dengan memadukan tari-tarian, musik, dan budaya, yang disajikan berdurasi kurang lebih satu jam. Ini akan jadi pertunjukkan yang spektakuler,” kata
Helmi lagi.

Walikota Helmi Hasan berharap kepada seluruh masyarakat Kota Bengkulu agar berperan serta menyemarakkan HUT Kota Bengkulu ke-295, serta menggayungkan Program 8 Tekad Bengkulu ku.

“Sebagai contoh, Bengkulu punya seorang putri kebanggaan Indonesia (Fatmawati Soekarno-red). Ini menunjukkan masyarakat Bengkulu terbukti ‘lebih’ dari yang lain, sehingga Kota Bengkulu bisa lebih maju dan semakin
baik di tahun-tahun berikutnya,” tutup Helmi.(val/*)

Related

Polres BS Serahkan Kembali Kendaraan yang Dititipkan Warga Usai Mudik Lebaran

Polres BS Serahkan Kembali Kendaraan yang Dititipkan Warga Usai...

Rakor Pengendalian Inflasi, Pemkot Komitmen Jaga Stabilitas Harga Pangan

Rakor Pengendalian Inflasi, Pemkot Komitmen Jaga Stabilitas Harga Pangan...

Spanduk Tolak Kenaikan BBM dan Tarif Listrik Hiasi Kota Bengkulu

Spanduk Tolak Kenaikan BBM dan Tarif Listrik Hiasi Kota...

Caleg Terpilih yang Dilantik Harus Mundur Jika Maju Pilkada 2024

Caleg Terpilih yang Dilantik Harus Mundur Jika Maju Pilkada...

Pemkab Kaur Gelar Rapat Persiapan HUT Kabupaten Kaur Ke-21

Pemkab Kaur Gelar Rapat Persiapan HUT Kabupaten Kaur Ke-21...