Beranda DAERAH BENGKULU Aduh…Harga Kebutuhan Pokok Naik Lagi

Aduh…Harga Kebutuhan Pokok Naik Lagi

0

Ayam potong

kupasbengkulu.com – Bulan Ramadhan akan tiba sekitar satu bulan lagi, meki demikian harga barang kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Sebelumnya, harga bawang merah dan bawang putih mengalami peningkatan, sedangkan dalam dua hari terakhir harga daging ikut-ikutan naik.

Di Pasar Tradisional Modern (PTM) Kota Bengkulu , jika sebelumnya dijual berkisar Rp 26 ribu – Rp 28 ribu per kilogram, kini menembus Rp 32 ribu per kilogram. Menurut pedagang, kenaikan tersebut diakibatkan sulitnya mendapat pasokan ayam yang harus didatangkan dari luar Provinsi Bengkulu seperti Muaro Bungo, Jambi dan Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

“Harga dari peternaknya memang naik dan jumlah ayamnya juga terbatas, jadi mau tidak mau harga jual juga naik,” kata salah seorang pedagang ayam, Heru.

Meski terjadi kenaikan harga Heru mengaku saat ini belum mempengaruhi penjualan. Ia menyebutkan setiap harinya masih mampu menjual 200 – 300 kilogram daging ayam.

Sementara itu untuk harga daging sapi kini sudah mencapai Rp 100 ribu per kilogram. Kenaikan harga diprediksi masih akan terjadi pada bulan Ramadhan, dengan angka berkisar Rp 110 ribu per kilogram .

“Harga naik karena pembeli meningkat, selain itu kenaikan juga disebabkan kurangnya pasokan sapi dari Bengkulu Utara dan Bengkulu Selatan,” jelas salah seorang pedagang daging sapi, Iwan.

Disisi lain penjualan telur ayam ras juga mengalami kenaikan rata-rata sebesar Rp 50 rupiah per butir. Dikatakan salah seorang pedagang, Sutrisno kini harga telur ayam ras di pasaran lokal antara Rp 950 – Rp 1.150 per butir sesuai ukuran telur.(beb)