oleh

Aspiratif Perda Pasar Direvisi, Pedagang Bersyukur

Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Kota Bengkulu Nomor 07 tahun 2013 tentang Retribusi Pelayanan Pasar
Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Kota Bengkulu Nomor 07 tahun 2013 tentang Retribusi Pelayanan Pasar

kupasbengkulu.com – Setelah sekian lama menunggu, akhirnya Peraturan Daerah (Perda) Kota Bengkulu Nomor 07 tahun 2013 tentang Retribusi Pelayanan Pasar selesai direvisi dan sudah disahkan sekaligus dengan turunnya Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 15 tahun 2014 tentang Peninjauan Tarif Retribusi Pelayanan Pasar.

Sosialisasi dilaksanakan di gedung C Kantor Walikota Bengkulu, Rabu (18/06/2014), dengan mengundang puluhan pedagang perwakilan tiga pasar, yakni pasar Barukoto, pasar Minggu, dan Pasar Panorama.

Sebelumnya, beberapa bulan yang lalu ribuan pedagang berkumpul di depan Kantor Walikota untuk berunjuk rasa menentang ketentuan tarif retribusi dan pajak seperti yang tertulis dalam Perda sebelumnya, dikarenakan kenaikan yang mencapai hampir 300 persen. Namun pada Perda revisi ini kenaikan hanya 100 persen saja.

“Karena Perda sudah disahkan, jadi mulai besok sudah bisa diberlakukan. Pembayaran dimulai dari bulan Mei, untuk pajak Januari sampai April lalu kita bebaskan,” ujar Kadis Perindag Kota Bengkulu, Tony Alfian.

“Untuk saat ini kita tidak bicara dulu tentang target PAD yang kemungkinan tidak terpenuhi lantaran masalah ini. Yang jelas antara pedagang dan pemerintah sudah berada pada titik temu yang kita kehendaki. Semoga semuanya dapat berjalan dengan baik,” demikian Tony. (val)

Rekomendasi