Minggu, November 27, 2022

Asyiknya Membuat “Perut Punai”

Baca selanjutnya

MAkanan "perut Punai" Siap jual
MAkanan “perut Punai” Siap jual

kupasbengkulu.com – “Perut Punai“; kecil, bulat, dan melingkar. Disebut demikian karena bentuknya yang konon mirip dengan isi perut atau usus burung Punai oleh orang-orang zaman dahulu.

Kubers, jajanan khas Kota Bengkulu ini selalu laris manis di kalangan masyarakat maupun wisatawan yang datang ke Kota Bengkulu. Rasanya manis gurih dengan baluran karamel. Emmm,, yummyyy…!!

Rasanya yang nikmat pun sepadan dengan pembuatannya yang bisa dibilang susah-susah gampang. Terbuat dari bahan baku sederhana, tepung beras pilihan, dilengkapi gula aren, gula pasir, minyak goreng, air panas, dan sedikit garam.

Diceritakan Aini Kruspi, produsen sekaligus pemilik toko “Wemby” yang berlokasi di sentra jajanan khas Bengkulu, kawasan Anggut Atas, untuk menghasilkan 10 kotak Perut Punai, atau sekitar 300 buah, diperlukan waktu 4 jam dalam pengerjaannya.

Pembuatan "perut punai"
Pembuatan “perut punai”

perut

So, bagi Kubers yang mau membuat jajanan Perut Punai, ini tips cara pembuatannya ala Aini “Wemby”.

Langkah pertama, tepung beras pilihan dicampur dengan air panas untuk langsung diaduk. Aini biasa mengaduknya dengan menggunakan sendok kayu, kemudian melanjutkan dengan mengadon menggunakan tangan hingga adonan pulen. Jangan lupa menggunakan sarung plastik yang dilapisi kain agar tangan tidak melepuh.

“Mengadon dalam keadaan panas sangat diwajibkan, karena kalau dibiarkan dingin adonan tersebut tidak akan menyatu. Jika sudah lihai, hanya diperlukan waktu sekitar 30 menit untuk mengadon 2,5 kilogram tepung beras,” anjur Aini.

Aini sudah melakoni pekerjaan ini sejak 8 tahun lalu. Resepnya didapat turun-temurun dari keluarganya. Awalnya Aini hanya menitipkan Perut Punai buatannya ke toko-toko. Hingga akhirnya bersama sang suami, Win Daman, mereka membuka toko “Wemby”.

Kembali lagi ke proses pembuatan Perut Punai nih Kubers, setelah proses pengadonan selesai, dimulailah proses pembentukan. Tepung beras yang sudah berubah menjadi adonan pulen, dibuat membentuk silinder tipis dan panjang dengan telapak tangan. Adonan tersebut dilingkarkan sebanyak tiga lapis dan dipipihkan dengan jari.

Tidak perlu lebar-lebar, ukuran Perut Punai hanya berdiameter sekitar 5 centimeter dan bisa dihabiskan dalam sekali gigit.

proses pembuatan "perut punai"
proses pembuatan “perut punai”

Adonan yang sudah jadi kemudian digoreng dengan menggunakan minyak panas dan api yang besar. Aini tak ingin menggunakan sembarang minyak, dia pilih yang berkualitas agar kue tahan lama dan tak mudah ‘tengik’.

“Proses menggoreng ini yang paling lama. Kita harus terus berada di dekat api besar yang tentunya sangat panas. Dalam menggoreng juga tidak boleh ditinggal-tinggal karena harus memastikan tingkat kematangan yang pas,” lanjutnya.

Setelah selesai digoreng, Perut Punai dibiarkan hingga dingin. Sambil menunggu, kita bisa membuat karamel dari bahan gula aren, gula pasir, dan sedikit garam yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Setelah karamel jadi, celupkan Perut Punai satu-persatu dan biarkan karamel meresap dan mengering. Selesailah proses pembuatan Perut Punai.

Untuk mematangkan usahanya, Aini kerap mengikuti pelatihan manajenen perdagangan yang sering diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan UKM Kota Bengkulu.

“Kalau ikut pelatihan sudah sering. Tinggal dikirim ke pameran luar kota saja yang belum pernah,” candanya.

Tak hanya Perut Punai nih Kubers, masih banyak jajanan khas Kota Bengkulu yang akan dikupas selanjutnya. Nantikan terus di kupasbengkulu.com ya..
(val)

Masa Sidang Ke III Legislator Marlesi Jemput Aspirasi Konstituen Dapil II

Kupas News, Bengkulu – Memasuki akhir tahun 2022, seluruh anggota dewan provinsi Bengkulu menjalani masa reses. Dimana menyerap aspirasi dan menindaklanjuti aspirasi merupakan perwujudan...

Pembukaan KBN 2022 di Bengkulu Ditandai Peluncuran Logo dan Maskot

Kupas News, Kota Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) 07 membuka secara resmi kegiatan Kemah Bela Negara Nasional (KBN)...

Polda Bengkulu Gelar Shalat Ghaib untuk Korban Gempa Cianjur

Kupas News, Kota Bengkulu – Ungkapkan rasa turut berduka cita atas musibah gempa yang menimpa daerah Cianjur Jawa Barat, Personil Polda Bengkulu , Jum’at...

Polisi Tangkap Dua Pelaku Curas yang Beraksi di STQ Bengkulu

Kupas News, Kota Bengkulu – Polsek Selebar berhasil menangkap dua dari tiga pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas) yang terjadi pada Senin 21...

Lelang Eselon II, 22 Pendaftar Masuk Tahap Seleksi Administrasi

Kupas News, Kota Bengkulu – Proses lelang jabatan pejabat eselon II Pemkot Bengkulu telah memasuki tahapan seleksi administrasi berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan. Saat ini...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru