Minggu, Mei 22, 2022

Berwisata di PLG Sebelat Bikin Gak Mau Pulang!

Baca selanjutnya

gajah PLG
Gajah di PLG Selebat, Bengkulu Utara

kupasbengkulu.com – Ayo ‘turun desa’ merasakan nikmatnya dekat dengan alam dan masyarakat di desa! Desa ini dapat menjadi salah satu ikon wisata di Provinsi Bengkulu yang memang layak untuk dinikmati. Dengan berbagai keindahan alam, tentunya mampu menghipnotis, yang tadinya ‘jomblo’ dan kesepian dapat menjadi tempat ‘bercumbu’ nya wisatawan dengan alam.

Dimana wisata itu? Pusat Latihan Gajah (PLG). Kali ini kupasbengkulu.com akan mengajak anda untuk berkunjung ke sini, untuk melihat dari langsung puluhan Gajah yang hidup di sana.

PLG yang biasa disebut PLG Seblat ini terletak di Desa Suka Baru Kecamatan Putri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara. Untuk menuju kesana membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam perjalanan darat, dari Kota Bengkulu tujuan Kabupaten MukoMuko, setelah menemukan ‘Patung Gajah’ di Desa Kota Bani, perjalanan dilanjutkan menuju Desa Suka Baru yang memakan waktu sekitar satu jam perjalanan.

Setiba di Desa Suka Baru, pelancong dapat menemui anggota Forum Ekowisata, guna membantu menuju camp PLG, berkeliling dan berkomunikasi melihat potensi wisata di desa ini. Untuk menuju Camp sendiri, penikmat alam mesti menyebrangi aliran Sungai Seblat, airnya cukup deras dengan perahu kayu.

Di PLG ini dapat menjumpai sekitar 20 ekor gajah jinak yang berkeliaran di sekitar camp dan sekitar 100 ekor lebih hidup secara liar.

Termasuk Bona, anak gajah yang mulai beranjak dewasa. Bona ditemukan pada tahun 2009 dalam kondisi yang mengenaskan disalah satu areal perkebunan sawit milik perusahaan, yang terpisah dari kelomponya, diduga telah mati diburu.

Menariknya, bagi pelancong yang menyambangi tempat ini dapat memberi makan langsung gajah dengan makanan, yang telah disediakan. Seperti pisang, tebu, dan pelepah sawit. Namun, mesti izin terlebih dahulu dengan Mahot atau pawang gajah.

Air terjun temulun
air terjun ‘Tembulun’

Masih di lokasi yang sama, hanya saja untuk menikmati suasana alam satu ini. Anda mesti menyisir sungai ke arah hulu, yang menghabiskan 2 jam perjalanan, dengan menaiki perahu mesin.

Nantinya anda akan menjumpai air terjun ‘Tembulun’ dengan ketinggian sekitar 50 Meter. Sebelum tiba di air terjun tersebut, anda mesti menyewa perahu mesin dengan daya tampung 8 orang, merogoh budget Rp 500 ribu. Selama perjalanan dipastikan, tidak akan merasa bosan, karena anda bakalan disuguhi pemandangan alam yang masih ‘Perawan’ dengan ditumbuhi pepohonan rindang dan air sungai yang masih jernih.

Bahkan, jika beruntung anda bakalan menjumpai Burung Kuau, Rangkong, Monyet serta Kijang di areal PLG Seblat.

Untuk membukti anda pernah menginjakkan kaki di PLG ini, dapat membeli ole-ole unik. Berupa lukisan dari kotoran gajah. Kotoran gajah yang teah ‘diracik’ jadi lukisan. Namun, tidak mengeluarkan bau.

Lukisan ini merupakan hasil kreatifitas dari masyarakat Suka Baru. Lukisan ini dapat kita bawa pulang dengan harga Rp 300 ribu, untuk ukuran kecil dan Rp 800 ribu ukuran besar.

Pengalaman yang menyenangkan dapat melihat kehidupan puluhan gajah, sungai Seblat, Air Terjun Tembulun yang masih ‘Perawan’ serta oleh-oleh yang unik.

Penulis : Metalia Soneta, Bengkulu Utara.

Mantan Menakertrans Fahmi Idris Tutup Usia

Kupas News, Jakarta - Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Menteri Perindustrian, Fahmi Idris meninggal dunia pada Minggu 22 Mei 2022. Kepastian meninggalnya Fahmi...

Maraknya Konflik Agraria, Dempo Xler Menilai Hukum Tidak tegak

Kupas News, Bengkulu – Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler turut bersikap atas maraknya konflik agraria yang terjadi di wilayah Provinsi Bengkulu....

Ketua Dewan Supriyanto Dampingi Helmi Hasan Terima Penghargaan WTP dari BPK

Kupas News, Kota Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pengawas Keuangan (BPK) atas laporan keuangan...

ARGA Gelar Halal Bihalal Bertajuk Mendukung Pers Bersatu Membangun Negeri

Kupas News, Mukomuko – Aliansi Remaja Gemar Aktifitas (ARGA), Kamis (19/05) menggelar acara Halal Bihalal dan Silaturahmi bertajuk “Mendukung Pers Bersatu Membangun Negeri” di...

Sera dan Joan Bakal Jadi Kado Spesial JMSI di HUT Kabupaten Seluma

Kupas News, Seluma - Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Seluma yang ke-19, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Seluma mempersembahkan kado Spesial...

Terbaru