Selasa, Mei 21, 2024

BLH Akan Tanam Terumbu Karang dan Mangrove di Pulau Tikus

Kepala BLH Kota Bengkulu, H. Shafwan.
Kepala BLH Kota Bengkulu, H. Shafwan.

kupasbengkulu.com – Dalam tahun ini rencananya pemerintah akan melaksanakan penanaman terumbu karang guna mempertahankan kelestarian Pulau Tikus yang diperkirakan akan menghilang dalam 20 tahun mendatang, demikian disampaikan H. Shafwan, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Bengkulu, Selasa (01/04/2014).

“Pemerintah kota juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi terkait rencana ini. Sudah dianggarkan dana dari APBD, agar untuk tahun ini bisa direalisasikan,” ujar Shafwan.

Diungkapkan Shafwan, selain terumbu karang, pemerintah rencananya juga akan melakukan penanaman sejumlah pohon yang dapat membantu mencegah abrasi atau pengikisan pantai.

“Selain terumbu karang, nanti juga akan ada penanaman sejumlah pohon, seperti Mangrove di sekitar pantai Pulau Tikus untuk meminimalisir terjadinya abrasi,” tambahnya.

Shafwan menyesalkan kondisi Pulau Tikus yang semakin memprihatinkan. Dirinya menilai perlu ada pembenahan dan perhatian khusus dari pemerintah mengingat Pulau Tikus merupakan aset wisata bahari di Bengkulu yang mampu menyedot perhatian banyak orang, bukan hanya masyarakat Bengkulu sendiri melainkan juga dari luar Bengkulu.

“Pemerintah akan terus upayakan peremajaan dari Pulau Tikus ini sehingga tetap bisa dipertahankan sebagai aset wisata dan menambah pendapatan daerah,” demikian Shafwan.(val)

Related

BPS Sebut Bupati Lebong Berhasil Menurunkan Angka Kemiskinan

BPS Sebut Bupati Lebong Berhasil Menurunkan Angka Kemiskinan ...

Lebong Kembali Torehkan Prestasi Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting

Lebong Kembali Torehkan Prestasi Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting ...

Rekrutmen PKD Bawaslu Seluma Langgar Aturan, Perlu Ditinjau Ulang

Rekrutmen PKD Bawaslu Seluma Langgar Aturan, Perlu Ditinjau Ulang ...

Meriahkan HUT ke-21, Pemda Kaur Gelar Turnamen Voli

Meriahkan HUT ke-21, Pemda Kaur Gelar Turnamen Voli ...

Presiden BEM Unib Semprot Anggota DPR RI

Presiden BEM Unib Semprot Anggota DPR RI Mon, 05/20/2024 -...