Senin, Mei 20, 2024

Buku “Setapak Perubahan” Jadi Inspirasi Ajang Lomba Kreasi

Kupas News, Jakarta – Mabes Polri menggelar lomba kreasi ‘Setapak Perubahan Polri’ dan ‘Festival Musik Bhayangkara’ yang dimulai bulan April hingga batas akhir di bulan Juni 2022.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menjelaskan, lomba kreasi dan festival tersebut dilaksanakan untuk memberikan ruang kepada masyarakat menyampaikan atau menyalurkan ekspresi maupun aspirasinya.

“Untuk itu, Polri melalui Divisi Humas Polri serta Humas Polda di seluruh Indonesia kembali mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya melalui Setapak Perubahan Polri’ dan Festival Musik Bhayangkara,” kata Dedi dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jakarta, Senin (18/4).

Setelah sebelumnya Polri telah sukses menggelar lomba mural dan lomba orasi unjuk rasa. Kendati antusias warga terkait penyampaian aspirasi di nilai masih tinggi, Polri kembali menggelar kegiatan lomba kreasi dan festival musik tersebut.

Menurut Dedi, lomba kreasi Setapak Perubahan Polri sendiri terinspirasi dari buku yang digagas oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berjudul ‘Setapak Perubahan’.

“Dalam buku ‘Setapak Perubahan’ Polri yang memandang bahwa lomba sebagai wadah aspirasi tersebut menunjukan masih tingginya kepedulian masyarakat terhadap Polri. Bagaimanapun suara masyarakat harus didengar. Masyarakat adalah konsumen layanan Polri sekaligus mitra penting Polri dalam mewujudkan keamanan,” ujar Dedi.

Lomba kreasi itu nantinya bisa dituangkan dalam bentuk Blog, Film Pendek, Vlog, TikTok, Konten Infografis, dan Fotografi. Adapun subtema lomba tersebut diantaranya, Sinergitas TNI-Polri, Layanan Masyarakat, Polri Makin Digital, Perhatian Polri kepada Kelompok Rentan dan Disabel Restorative Justice, E-Tilang, Upaya Penanganan Covid -19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional dan Pelayanan Pengaduan Online

“Para peserta dapat menuangkan ide dan kreasinya sesuai dengan bidang yang dikuasainya dengan aspirasi-aspirasi yang akan disampaikan,” ucap Dedi.

Sementara, festival musik Bhayangkara merupakan event untuk menampung aspirasi melalui seni musik, mulai dari ide yang dibangun hingga orkestrasi vokal dan semua alat musik untuk menyampaikan pesan atau aspirasi.

Terkait kegiatan ini, promosi dan registrasi peserta dimulai sejak 11 April hingga 29 Mei 2022. Lalu, dari 10 karya terbaik ditentukan pemenang 1, 2 dan 3 dari masing-masing kategori, pada 7 sampai 15 Juni 2022.

Selanjutnya, karya peserta akan mengerucut hingga 10 karya terbaik pada 30 Mei sampai 5 Juni 2022. Dan, penyerahan hasil karya pemenang di tanggal 18 Juni 2022.

Editor: Adhika Kusuma

Related

MAP Unihaz Raih Penghargaan Paper Terbaik di Ajang Konferensi Internasional IAPA 2023

Kupas News – Program Magister Administrasi Publik (MAP) Universitas Prof...

Perayaan HUT Rejang Lebong ke-143 Diakhiri Prosesi Adat Pancung Tebu

Kupas News, Rejang Lebong - Prosesi adat Pancung Tebu...

Kapolri Tunjuk Brigjen Endar Priantoro Jadi Direktur Penyelidikan KPK

Kupas News, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo...

Sosialisasi Literasi Digital Pemilih Pemula Jelang Pemilu Serentak 2024

Suasana Sosialisasi terkait pentingnya literasi digital diera post truth...

HUT ke-77 Korps Brimob, Kapolda Bengkulu Beri Penghargaan Anggota Berprestasi

Kupas News, Kota Bengkulu – Memperingati Hari Ulang Tahun...