Selasa, Mei 28, 2024

Dapatkah Kota Bengkulu Jadi Kota Jasa dan Pariwisata?

Anggota Badan Legislasi DPRD Kota Bengkulu, Sudjono, ST.
Anggota Badan Legislasi DPRD Kota Bengkulu, Sudjono, ST.

kupasbengkulu.com – Menurut pandangan dewan Kota Bengkulu, kota ini tidak memiliki potensi pertanian maupun peternakan. Karenanya, pemerintah harus melihat sektor lain yang dapat dikembangkan untuk membuat kemajuan kota maupun masyarakatnya yang juga tentu akan berpengaruh pada Pendapat Asli Daerah (PAD).

Dikatakan anggota Badan Legeslasi DPR Kota, Sudjono, ST jika pemerintah serius, maka Kota Bengkulu dapat menjadi Kota Jasa dan Pariwisata. Hanya saja masalahnya saat ini pemerintah belum begitu serius, karena belum adanya rancangan progres yang tepat. Karenanya, ia menyarankan agar secepatnya pemda kota mengusulkan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPDA). Agar dewan dapat merekomendasikan kebijakan dan arah progres yang akan dicapai.

“Kota Bengkulu tidak bisa berkembang melalui sektor pertanian dan perkembangan karena kondisi geografis maupun Sumber Daya Manusianya. Namun, Kota Bengkulu bisa berkembang melalui sektor jasa dan pariwisata karena kita mempunyai potensi,” ungkap Sudjono.

“Untuk sektor jasa itu kita bisa contoh Lombok Nusa Tenggara Barat, bisa itu penyewaan speedboat bahkan andong, termasuk paket-paket perjalanan wiasata. Tinggal lagi sekarang upaya pemerintah untuk mewujudkan itu. Mulai dari sekarang usulkan RIPDA pada kami, maka kami akan rekomendasikan upaya-upayanya,” tambahnya.

Sudjono yakin ketika RIPDA itu ada, maka potensi wisata dapat dimaksimalkan. Ia menilai Kota Bengkulu memiliki banyak spot wisata, mulai dari wisata pantai dan pulau yakni Pulau Tikus, hingga wisata sejarah seperti Benteng Marlborough dan Danau Dendam Tak Sudah.

Namun, selain penyediaan sarana dan prasarana, majunya sebuah objek wisata bergantung pada keamanan dan kebersihannya, sehingga para pengunjung merasa nyaman.(beb)

Related

Sebanyak 9 KPM Desa Suka Mulya Terima BLT-DD Tahap II

Sebanyak 9 KPM Desa Suka Mulya Terima BLT-DD Tahap...

Pemprov Dukung Era Society 5.0 Dalam Upaya Menyiapkan SDM Berdaya Saing

Pemprov Dukung Era Society 5.0 Dalam Upaya Menyiapkan SDM...

Kabupaten Lebong Raih Digital Government Award 2024 di Jakarta

Kabupaten Lebong Raih Digital Government Award 2024 di Jakarta ...

Kades Talang Rendah Sulit Dikonfirmasi Usai Bantuan Pengadaan Unggas Ditolak Warga

Kades Talang Rendah Sulit Dikonfirmasi Usai Bantuan Pengadaan Unggas...

Lebong Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Se-Sumatera dalam Digitalisasi SPBE

Lebong Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Se-Sumatera dalam Digitalisasi...