Beranda DAERAH BENGKULU Dinas Perkebunan Kota Bengkulu Akan Bagikan 800 Bibit Kelengkeng

Dinas Perkebunan Kota Bengkulu Akan Bagikan 800 Bibit Kelengkeng

0
illustrasi, sumber: istimewa
illustrasi, sumber: istimewa
illustrasi, sumber: istimewa

kupasbengkulu.com – Dalam beberapa bulan ke depan, Dinas Pertanian, Petenakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kota Bengkulu akan menyalurkan bantuan bibit tanaman holtikultural, antara lain Jambu Kristal, Kelengkeng, dan Mangga Madu, serta berbagai sayuran yang akan didistribusikam kepada masyarakat. Untuk memenuhi keperluan tersebut, pemerintah mengeluarkan anggaran sekitar Rp 90 juta. Demikian disampaikan Kadistanakbunhut, melalui Kabid Holtikultural, Darjoni, Senin (05/05/2014).

“Untuk program tahun 2014 khususnya di bidang holtikultural ini, Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kota Bengkulu sedang mempersiapkan pengadaan sejumlah bibit tanaman, yang prosesnya diserahkan kepada pihak ketiga. Kita tinggal menunggu kiriman bibit dari pulau Jawa,” ujar Darjoni.

Disampaikan Darjoni, diperkirakan dari dana tersebut akan terpenuhi 800 batang bibit Kelengkeng, 500 bibit jambu, dan 700 bibit Mangga Madu, dan ratusan bibit sayuran yang disebar kepada masyarakat di 9 kecamatan di Kota Bengkulu.

“Nanti prosedurnya, dari dinas akan mengirimkan surat ke masing-masing kecamatan, agar masyarakat melalui kecamatan dapat mengajukan surat permohonan bantuan bibit ini,” sambungnya.

Di tahun 2013 yang lalu Distanakbunhut juga telah memberikan bantuan bibit ke masyarakat, seperti bibit rambutan, mangga, jambu biji merah, dan jambu kristal. Sejauh ini animo masyarakat cukup tinggi, namun dana terbatas untuk memenuhi semua permintaan masyarakat.

Di samping itu, disebutkan Darjoni, tidak ada kendala berarti yang berkaitan dengan bidang holtikultural. Hanya saja di saat musim hujan, lahan kerap terkena banjir.

“Sejauh ini kita sering melakukan pembinaan oleh Petugas Pertanian Kecamatan, bekerjasama dengan balai penyuluhan. Untuk masalah banjir lahan, kami telah menyampaikan surat kepada Walikota untuk ditindaklanjuti. Mungkin menunggu perbaikan drainase dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bengkulu,” tandasnya. (val)