Senin, Mei 27, 2024

Direktur Perumda Tirta Hidayah Akui Pelayanan Air Bersih Belum Maksimal

Kupas News, Kota Bengkulu – Terkait aduan masyarakat yang mengeluh soal kondisi air yang kerap keruh, Komisi III DPRD Kota Bengkulu, Senin, panggil Perumda Tirta Hidayah untuk mempertanyakan kualitas air tersebut.

Sejumlah anggota Komisi III dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) menilai ketersediaan pasokan air baku Perumda Tirta Hidayah selama ini menjadi perhatian serius Dewan, terutama sumber air baku di Instalasi Surabaya.

“Keluhan mengenai air yang kerap keruh perlu diinvestigasi lebih mendalam dan komprehensif karena dikhawatirkan berdampak pada kesehatan warga,” kata Densi anggota Komisi III.

Sementara itu, Anggota Komisi III lainnya Imran Hanafi menyoroti upaya Perumda Tirta Hidayah dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Menurutnya, Perumda Tirta Hidayah perlu menggandeng investor untuk membangun Water Treatment Plant. Hal ini untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

Komisi III saat menggelar RDP bersama Perumda Tirta Hidayah, Senin, 30 Mei 2022, Foto: Dok
Komisi III saat menggelar RDP bersama Perumda Tirta Hidayah, Senin, 30 Mei 2022, Foto: Dok

“Sebab, banyak keluhan dari pengusaha properti mengenai ketidak-mampuan Perumda Tirta Hidayah dalam mendistribusikan air bersih di lingkungan mereka,” kata Imran.

Sedangkan Ketua Komisi III Herimanto mempertanyakan korelasi penyertaan modal yang diberikan Pemerintah Kota kepada Perumda Tirta Hidayah. Penyertaan modal tersebut berkaitan dengan persoalan ini.

“Sejauhmana komitmen manajemen Perumda Hidayah untuk meningkatkan pelayanan air minum kepada masyarakat pelanggan, karena ini berkaitan dengan penyertaan modal yang telah diberikan,” tanya Herimanto.

Direktur Perumda Tirta Hidayah Samsu Bahri mengakui pelayanan air bersih kepada pelanggan masih belum maksimal. Namun ia menegaskan Perumda Tirta Hidayah terus berupaya berbenah dan melakukan ekspansi bisnis untuk meningkatkan kontribusi PAD bagi Kota Bengkulu.

“Kami akui pelayanan masih belum maksimal terutama bagi pelanggan yang berada di wilayah instalasi Surabaya. Namun kami terus berbenah dan melakukan ekspansi bisnis dalam rangka meningkatkan kontribusi bagi PAD,” katanya.

Di akhir RDP, Ketua Komisi III kembali meminta Perumda Tirta Hidayah untuk meningkatkan pelayanan dan pemenuhan air bersih bagi masyarakat.

“Perumda Tirta Hidayah harus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam menyediakan air bersih karena hal tersebut merupakan kebutuhan mutlak masyarakat,” pungkas Herimanto mengakhiri. (Adv)

Related

Dewan Minta Tim Saber Pungli Tegas Terhadap Pelaku Pungutan Liar

Kupas News, Kota Bengkulu – Komisi II Dewan Perwakilan...

Komisi I Apresiasi Program Call Center 112 yang Digagas Pemkot

Kupas News, Kota Bengkulu – DPRD Kota Bengkulu mengapresiasi...

Komisi III Minta Disperindagkop Stabilkan Harga Sembako Pasca Lebaran

Kupas News, Kota Bengkulu – Pasca satu bulan setelah...

Dewan Komisi II Sidak Drainase Rusak

Kupas News, Kota Bengkulu – Komisi II DPRD Kota...

Dewan Dorong Ketersediaan Fasilitas Khusus untuk Penyandang Disabilitas

Kupas News, Kota Bengkulu - Bapemperda DPRD Kota Bengkulu,...