Sabtu, Desember 10, 2022

Dewan Dorong Ketersediaan Fasilitas Khusus untuk Penyandang Disabilitas

Baca selanjutnya

Kupas News, Kota Bengkulu – Bapemperda DPRD Kota Bengkulu, Senin, (23/5) melakukan rapat pembahasan Raperda Inisiatif tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas ke Pemerintah Kota Bengkulu.

Rapat yang di pimpin langsung oleh Ketua Bapemperda DPRD Kota Bengkulu Solihin Adnan didampingi Muryadi dan Sasman Janilis dilakukan bersama Kepala Dinas Sosial Kota Bengkulu dan Kepala Dinas P2KBP3A.

Raperda ini difokuskan untuk pemenuhan fasilitas publik dan peluang pekerjaan bagi penyandang disabilitas.

Dijelaskan Ketua Bapemperda DPRD Kota Bengkulu Solihin Adnan, berdasarkan observasi, sebagian penyandang disabilitas di Kota Bengkulu enggan dijadikan sebagai objek dengan sejumlah bantuan seperti kursi roda, tongkat dan lainnya.

“Mereka (penyandang disabilitas) ini lebih menginginkan ketersediaan fasilitas publik khusus seperti trotoar khusus, jalur khusus. Hal ini dimaksud agar para penyandang lebih mandiri,” kata Solihin.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, pemerintah wajib memberikan hak-hak seperti pendidikan, pelayanan publik, kesehatan dan fasilitas-fasilitas yang mendukung kemandirian penyandang disabilitas.

“Intinya semangat dari raperda ini ialah mewujudkan kesetaraan bagi setiap WNI dan terutama untuk penyandang disabilitas,” paparnya.

Raperda inisiatif DPRD yang akan diajukan ini bertujuan untuk mewujudkan perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas, hak asasi manusia, dan kebebasan dasar penyandang disabilitas secara penuh dan setara.

Selain itu juga untuk menjamin upaya dalam mewujudkan taraf kehidupan penyandang disabilitas yang lebih berkualitas, adil, sejahtera lahir dan batin, mandiri, serta bermanfaat.

“Kami Bapemperda DPRD Kota Bengkulu berkomitmen akan menyelesaian raperda ini dan mendorong agar ini cepat terselesaikn dan menjadi Peraturan Daerah yg sah,” demikian Solihin. (Adv)

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Kupas News, Jakarta - Walaupun Rancangan Undang-undang (RUU) Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) telah disahkan DPR menjadi UU KUHP,  khusus untuk pelaksanaan kemerdekaan pers...

Komisi XI DPR RI dan BI Sosialisasikan Transaksi Digital QRIS di Rejang Lebong

Kupas News, Rejang Lebong –  Anggota Komisi XI DPR RI Susi Marleny Bachsin bersama Bank Indonesia (BI) kembali melakukan Sosialisasi dan Edukasi Quick Response...

Janda Miliki Anak Sakit di Kepahiang Terima Bantuan Bedah Rumah

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan bedah rumah program Baznas di Desa Kandang, Seberang Musi, Kepahiang, Rabu, 7 Desember 2022,...

Problem Solving Kepolisian Mediasi Dua Perempuan Terlibat Kasus Penganiayaan

Bhabinkamtibmas Polsek Taba Penanjung saat menggelar kegiatan problem solving kepolisian, Rabu, 7 Desember 2022, Foto: Dok Kupas News, Bengkulu Tengah - Mencoba melakukan mediasi sebagai...

Bea Cukai Musnahkan Barang Milik Negara Hasil Penindakan KPPBC TMP C Bengkulu

Kepala Bea Cukai Provinsi Bengkulu Ardhani Naryasti bersama perwakilan instansi terkait saat melakukan pemusnahan barang milik negara, di Kantor Bea Cukai provinsi Bengkulu, Kamis,...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru