Minggu, Maret 3, 2024

Dispendikbud Kota Targetkan Kelulusan 100% dan Bermutu

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Drs. Gianto
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Drs. Gianto

kupasbengkulu.com – Sejak 27 September 2013 lalu, Konvensi Ujian Nasional telah menetapkan persentase kelulusan siswa, yakni 40% berasal dari nilai Ujian Nasional (UN) dan 60% lagi berasal dari nilai sekolah (nilai rapor dan UAS), yang artinya sekolah memegang peranan penting dalam menentukan kelulusan siswa.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Drs. Gianto, mengatakan, melalui forum MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) sudah melakukan koordinasi untuk memaksimalkan persiapan, seperti halnya pelatihan dan pembahasan kisi-kisi soal ujian 2014. Selain itu, kata dia, fisik dan mental tidak boleh diabaikan.

“Pihak sekolah harus lebih gesit melakukan latihan menghadapi ujian, baik itu UN ataupun UAS. Bukan hanya bidang akademis, tapi fisik dan mentalnya harus lebih disiapkan lagi,” ujar Gianto, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (24/01/2014).

Sejauh ini, tercatat 6.004 siswa SMA sederajat di Kota Bengkulu yang siap menghadapi UN 2014. Disebutkan Gianto, dirinya tidak hanya mengharapkan siswa di Kota Bengkulu lulus ujian 100%, namun setiap siswa harus memiliki kualitas dengan disertai nilai-nilai kejujuran.

“Kalau lulus 100% rasanya sudah biasa, namun yang terpenting setiap lulusan dari Kota Bengkulu harus memiliki kualitas. Tentunya dengan nilai-nilai kejujuran. Pikiran harus selalu positif untuk tidak melakukan kecurangan saat ujian,” katanya lagi.

Ditambahkan Dra. Rosmayetti, MM, Kabid Dikbud Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, dirinya juga optimis target tersebut bisa tercapai, mengingat nilai rata-rata terendah untuk lulus adalah 5,5.

“Saya optimis ini bisa terealisasi dengan baik. Nilai rata-rata terendah adalah 5,5. Kita usahakan saja dengan maksimal,” ujar Rosmayetti.(val)

Related

Gubernur Rohidin Mersyah Dukung Pengembangan UINFAS Bengkulu

Kupas News, Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah terima...

PKBM se-Kota Bengkulu Ikuti Bimtek Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Keuangan

Kupas News, Kota Bengkulu - Sebanyak 76 peserta dari...

Hadiri Peresmian SALUT, Wabup Wasri Ingin UT Jadi Akses Kemajuan Daerah

Kupas News, Mukomuko – Wakil Bupati Mukomuko Wasri, hadiri...

Sosialisasi Literasi Digital Menangkal Hoax dan Disinformasi

Kupas News, Kota Bengkulu – Bidang Humas Polda Bengkulu...

39 Kwarda Ikuti Peran Saka 2022, Sekdaprov Ingatkan Jaga Nama Baik Bengkulu

Kupas News, Kota Bengkulu - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi...