Beranda DAERAH BENGKULU Laporan Keuangan Empat Kabupaten Raih Wajar Tanpa Pengecualian

Laporan Keuangan Empat Kabupaten Raih Wajar Tanpa Pengecualian

0
Sekda Mukomuko menerima LHPD dari BPK Perwakilan Bengkulu, Kamis (12/6/2014)
Sekda Mukomuko menerima LHPD dari BPK Perwakilan Bengkulu, Kamis (12/6/2014)
Sekda Mukomuko menerima LHPD dari BPK Perwakilan Bengkulu, Kamis (12/6/2014)

kupasbengkulu.com – Kepala Sub Audittoriat Bengkulu I BPK Perwakilan Bengkulu, Imam Muslih, M.Si, Ak mengatakan, berdasarkan hasil Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2013 di Provinsi Bengkulu, empat kabupaten meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), yakni Bengkulu Utara, Mukomuko, Bengkulu Tengah dan Kaur.

Sementara, Kota Bengkulu, Rejang Lebong, Kepahiang dan Bengkulu Selatan meraih Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

“Kota Bengkulu meraih WDP lantaran adanya masalah pencatatan yang kurang bagus. Terletak pengelolaan aset, begitu juga dengan kabupaten lainnya yang meraih WDP,” kata Imam Muslih, saat jumpa pers usai penyerahan LHPD di aula BPK Perwakilan Bengkulu, Kamis (12/6/2014).

Ia mengatakan, untuk penyerahan LHPD Kabupaten Seluma dan Lebong sendiri belum diserahkan. Lantaran, saat penyampaikan dari pemda ke BPK Perwakilan Bengkulu lebih lambat dari delapan kabupaten lainnya. Sehingga penyerahan LHPD tidak serentak diserahkan.

“Dua kabupaten belum kita serahkan. Kalau tidak ada halangan minggu depan akan kita serahkan,” jelas Imam.

Pengelolaan aset kurang bagus tersebut, lanjut Imam, terdapat pada pengelolaan aset peralatan mesin, bangunan dan tanah milik Pemerintah Daerah (Pemda).

Ia menambahkan, peraihan WTP sesuai dengan pernyataan profesional pemeriksaan mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam masing-masing LKPD. Dengan kriteria, kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan, Kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap Peraturan Perundang-undangan dan efektifitas Sistem Pengendalian Intern.

“Target kita 80 persen kabupaten dan kota meraih WTP. Tapi masih belum tercapai. yang jelas, pemberian WTP kepada kabupaten tersebut berdasarkan standar,” pungkas dia.

Penyerahan LHPD delapan kabupaten diserahkan secara langsung dengan Bupati Bengkulu Selatan, Walikota Bengkulu, Bengkulu Utara, Bupari Kaur, Bupati Kepahiang, Bupati Bengkulu Tengah sekda Mukomuko, Sekda Rejang Lebong di aula BPK Perwakilan Bengkulu.(gie)