oleh

Gubernur Rencanakan APBD “Dibelah Lepang”

Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah
Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah

kupasbengkulu.com – Gubernur Bengkulu, H Junaidi Hamsyah,  mengatakan, APBD Provinsi Bengkulu yang hanya Rp 1,8 Trilun. Kedepannya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu berencana akan membagian dua atau belah ‘lepang’ (timun,red), dana APBD. Yakni, 55 persen untuk pembangunan daerah yang tertuju pada desa dan 45 persen biaya pegawai.

”Kesejahteraan itu dimulai dari desa, jadi dari dana APBD Provinsi nanti 45 persennya diperuntukkan pembangunan daerah yang ada di desa dan 55 persen untuk biaya pegawai,” kata Junaidi, Selasa (24/6/2017).

Terlepas dari itu, kata Junaidi, acuan Pemprov Bengkulu memiliki 4 misi, seperti ketahanan pangan yang terus digalakkan di setiap kabupaten. Selain itu, Provinsi Bengkulu juga memiliki potensi tanaman yang bisa mendunia. Seperti, Jeruk gerga yang ada di Kabupaten Lebong.

”Kita minta perangkat desa di Lebong agar dapat mengajak warga Lebong menggalakkan tanaman jeruk gerga. Sebab, Jeruk gerga ini merupakan salah satu tanaman andalan yang hanya ada di Lebong seluruh Indonesia,” jelas Junaidi.

Ia menambahkan, potensi di Bengkulu kiranya dapat dikelolah dengan baik, agar tahapan pembangunan bisa ditopang secara maksimal. Selain itu, tegas Junaidi, potensi tanaman yang ada disetiap kabupaten kiranya jangan sampai diambil oleh provinsi lain. Sebab, nantinya hasil pertanian andalan Bengkulu bisa lebih maju lagi.

”Jangan sampai apa yang ada di Bengkulu ini diberikan dengan provinsi lain. Kalau diberikan yang provinsi lain maju sedangkan provinsi Bengkulu tidak maju,” demikian Junaidi.(gie)

Rekomendasi