oleh

Hati-Hati Pertimbangkan Pilihan Sekolah PPDB Online

kupasbengkulu.com – Koordinator Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, M. Yusuf Manan, mengingatkan kepada para siswa agar berhati-hati memilih sekolah saat melakukan pendaftaran di portal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online. Hal ini dikarenakan ketika siswa tersebut sudah diterima di sebuah sekolah, maka siswa tersebut tidak bisa mendaftar di sekolah lainnya.

“Akan lebih baik jika memilih sekolah berdasarkan prioritas yang diinginkan. Nantinya ada pilihan untuk tiga sekolah negeri dan dua sekolah swasta. Meskipun bisa memilih lima sekolah, namun tidak semuanya wajib diisi. Apabila tidak ingin bersekolah di negeri, maka isi saja yang swasta, begitu juga sebaliknya,” ujar Yusuf, Selasa (24/06/2014).

Disebutkan Yusuf, pendaftaran SMA dimulai pada tanggal 1-4 Juli 2014, sementara SMK pada tanggal 7-10 Juli 2014.

“Jikalau dari awal memang siswa berminat masuk SMK, maka tidak perlu mengikuti pendaftaran SMA. Karena kalau sudah diterima di SMA maka tidak bisa lagi mendaftar di SMK,” lanjutnya.

Terdapat dua jenis pendaftaran PPDB Real Time Online, yakni melalui jalur biasa atau dengan ijazah, dan dengan jalur prestasi. Jikalau siswa mendaftar dengan jalur ijazah, maka terlebih dahulu harus melakukan pra pendaftaran di website http://bengkulu.siap-ppdb.com dan mengisi beberapa formulir. Selanjutnya dengan pin yang diberikan para siswa dapat memilih sekolah-sekolah yang diinginkan.

Ada yang berbeda pada jalur prestasi. Penambahan poin sebesar 0,50 bisa dilakukan untuk piagam yang ditandatangani langsung oleh kepala dinas kabupaten/ kota dan provinsi, bupati, wali kota, ataupun gubernur. Hanya berlaku untuk penghargaan juara I,II, dan III saja.

“Untuk siswa kabupaten yang mendaftar sekolah ke kota, mekanismenya memang agak berbeda. Mereka harus melakukan verifikasi nilai ke Dinas Pendidikan Kota Bengkulu untuk selanjutnya diberikan pin apabila syarat-syaratnya mencukupi. Kalau siswa kota, pin sudah diberikan dari sekolah masing-masing,” kata Yusuf.

“Tidak ada pemotongan nilai lagi bagi siswa kabupaten yang mendaftar ke kota seperti tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja kuota penerimaan untuk mahasiswa kabupaten hanya 15 persen saja dari total keseluruhan,” lanjutnya.

Kendati demikian, Yusuf menilai pendaftaran PPDB Real Time Online ini lebih transparan dan dipastikan sangat sulit untuk melakukan transaksi ‘beli bangku’.

“Ini memang sedikit rumit dan harus sangat hati-hati dalam memilih. Namun langkah ini lebih transparan dari cara manual,” pungkasnya. (val)

Rekomendasi