Minggu, Mei 22, 2022

Inisiasikan Kampung Bahari, Kunker Danlantamal II Padang Bawa Angin Segar

Baca selanjutnya

Kupas News, Mukomuko – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko menyambut baik kunjungan kerja (Kunker) Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Padang, Laksamana Pertama TNI Endra Sulistyono, Rabu (16/02) di wilayah kerja Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu, Pos AL Mukomuko.

Turut hadir menyambut, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Bupati Mukomuko diwakili Pj. Sekda Drs. Yandaryat, Dandim 0428/MM Letkol CZi Rinaldo Rusdy, SIP, Kapolres Mukomuko AKBP, Witdiardi, Kajari Mukomuko Rudi Iskandar, dan Ketua DPRD Mukomuko, M. Ali Saftaini di Gedung Balai Daerah Mukomuko.

Mengawali sambutanya kepada Danlantamal II Padang, Pj. Sekdakab Mukomuko, Yandaryat menyampaikan salam maaf dari Bupati Mukomuko, lantaran berhalangan hadir pada penyambutan kedatangan rombongan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Padang.

Di hadapan Danlantamal II Padang, Yandaryat sedikit memaparkan gambaran tentang daerah Mukomuko. Bahwasanya di tahun 2022 ini, Kabupaten Mukomuko telah memasuki usia ke 19 tahun, sejak dimekarkan dari kabupaten induk tahun 2003 lalu. Terdiri dari berbagai etnis, adat, suku, agama, ras dan budaya. Ia menuturkan, masyarakat Kabupaten Mukomuko bisa dihidup dengan rukun dan damai.

Kendati demikian tumpuan ekonomi masyarakat Kabupaten Mukomuko pada umumnya dari hasil pertanian. Sebagian besar pendapatan masyarakat diperoleh dari hasil bercocok tanam padi dan perkebunan kepala sawit. Bagi masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir, kata dia, sebagian diantara mereka menopang hidup sebagai nelayan.

‘’Dapat kami sampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah kami agak lamban, lantaran terkendala fasilitas infrastruktur. Oleh sebab itu, perputaran ekonomi dari hasil produksi perkebunan masih relatif lebih sedikit. Misal, panen kelapa sawit, petani dibebankan biaya langsir yang cukup besar. Untuk itu, kami mohon dorongan dan dukungan dari Pak Jendral, untuk percepatan pembangunan di daerah kami,’’ pintanya.

Saat bersamaan, Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Endra Sulistyono dalam sambutannya, kembali mengingatkan jajarannya untuk senantiasa mendukung pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan di segala bidang.

Sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) TNI AL, ditegaskan Endra Sulistyono bahwa semua jajarannya dapat memberikan perhatian khusus terhadap percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir.

‘’Kunker ini merupakan momen penting untuk berbagi informasi. Kami tegaskan, semua jajaran harus senantiasa mendukung program pemerintah daerah dalam pelaksanaan pembangunan untuk percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Khusus kemajuan ekonomi masyarakat pesisir, tingkatkan pengawasan terhadap alat tangkap terlarang,’’ kata Endra Sulistyono.

Pada Kunker kali ini, Danlantamal II Padang juga membawa angina segar bagi masyarakat Kabupaten Mukomuko. Dihadapan semua undangan, ia menginisiasikan Kabupaten Mukomuko bagian dari daerah pilihan untuk dijadikan lokasi pembangunan Kampung Bahari Nusantara.

Untuk diketahui, kata Danlantamal II Padang, pihaknya telah sukses melaksanakan program Kampung Bahari Nusantara, salah satunya di Nagari Sungai Pinang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Dengan dibangunnya Kampung Bahari Nusantara ini, ekonomi masyarakat setempat bisa tumbuh dengan sendirinya. (Adv/And)

Mantan Menakertrans Fahmi Idris Tutup Usia

Kupas News, Jakarta - Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Menteri Perindustrian, Fahmi Idris meninggal dunia pada Minggu 22 Mei 2022. Kepastian meninggalnya Fahmi...

Maraknya Konflik Agraria, Dempo Xler Menilai Hukum Tidak tegak

Kupas News, Bengkulu – Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler turut bersikap atas maraknya konflik agraria yang terjadi di wilayah Provinsi Bengkulu....

Ketua Dewan Supriyanto Dampingi Helmi Hasan Terima Penghargaan WTP dari BPK

Kupas News, Kota Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pengawas Keuangan (BPK) atas laporan keuangan...

ARGA Gelar Halal Bihalal Bertajuk Mendukung Pers Bersatu Membangun Negeri

Kupas News, Mukomuko – Aliansi Remaja Gemar Aktifitas (ARGA), Kamis (19/05) menggelar acara Halal Bihalal dan Silaturahmi bertajuk “Mendukung Pers Bersatu Membangun Negeri” di...

Sera dan Joan Bakal Jadi Kado Spesial JMSI di HUT Kabupaten Seluma

Kupas News, Seluma - Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Seluma yang ke-19, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Seluma mempersembahkan kado Spesial...

Terbaru