Senin, Agustus 15, 2022

Sinergi Bidang Pendidikan, Pemkab Mukomuko Tandatangani MoU Bersama UM Jakarta

Baca selanjutnya

Kupas News, Mukomuko – Bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Mukomuko, Selasa, (22/03) Pemerintah Kabupaten Mukomuko bersama Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menandatangani kesepakatan bersama implementasi Tri Dharma perguruan tinggi.

Kesepakatan bersama dengan nomor 186/R.UMJ/II/2022 dan Nomor 130/ KB/B.I 2022 tersebut ditandatangani langsung oleh Bupati Mukomuko Sapuan dan Rektor UMJ Ma’mun Murod.

Turut menyaksikan kesepakatan ini yakni Ketua DPRD Mukomuko, M Ali Saftaini, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag Mukomuko), Kacabdin Wilayah IV Mukomuko, para staf ahli dan Asisten Setdakab Mukomuko, Kepala OPD serta perwakilan sekolah tingkat SMA, SMK dan MA.

Dijelaskan Bupati Sapuan bahwa kerjasama pemerintah daerah dengan UMJ ini, mempermudah bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun non-ASN di Kabupaten Mukomuko untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi.

“Melalui kerjasama ini akan membuka kesempatan bagi ASN maupun non-ASN untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi UMJ,’’ kata Bupati Sapuan.

‘’Tentunya kesepakatan ini menjadi peluang bagi masyarakat yang ada di Mukomuko. Terkhusus dalam menambah kajian dan evaluasi pengembangan perguruan tinggi kedepan yang antara lain ada pada bidang perkebunan, budidaya perkebunan dan tenaga penyuluh,’’ tambahnya.

Sementara, Rektor UMJ Ma’mun Murod menjelaskan bahwa dengan adanya MoU kerjasama ini, UMJ akan memberikan beasiswa kuliah kepada  10 orang mahasiswa S1 yang berasal dari Kabupaten Mukomuko.

Keistimewaan lain, kata Ma’mun, mahasiswa yang mendapatkan beasiswa, akan diberlakukan secara khusus, termasuk penyediaan fasilitas asrama serta fasilitas lainnya.

‘’Oleh pemerintah, beasiswa berasal dari KIP kuliah. Kita sifatnya hanya memfasilitasi beasiswa yang di programkan pemerintah. Secara khusus kita berikan kepada Kabupaten Mukomuko sekitar 10 orang,’’ jelasnya.

Pada kesempatan ini selain silaturahmi kunjungan Rektor UMJ sekaligus membina hubungan relasi dengan Pemerintah Kabupaten Mukomuko, khususnya dibidang pengembangan dan peningkatan SDM ini.

‘’Idealnya jika mau maju maka yang harus diutamakan peningkatan kualitas SDM-nya. Kendati demikian SDM yang baik, maka akan membentuk pola pikir dan cara kerja mengikuti aturan berdasarkan pengetahuan yang diperolehnya,’’ demikian Ma’mun. (Adv/And)

Kanwil Kemenkumham Bengkulu Sosialisasikan Kekayaan Intelektual Manusia

Kupas News, Bengkulu – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Bengkulu Erfan mengatakan, kekayaan intelektual adalah hak yang...

54 Paskibraka Bengkulu Siap Kibarkan Merah Putih 17 Agustus Besok

Kupas News, Bengkulu – Setelah melalui seleksi dan pemusatan latihan, sebanyak 54 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bengkulu Tahun 2022 dikukuhkan Gubernur Rohidin...

Garda Rafflesia Minta APH Usut Proses Lelang Puskesmas Pondok Suguh

Kupas News, Bengkulu – Proses lelang Renovasi-Penambahan Ruang Persalinan Puskesmas Pondok Suguh Tahun 2022 di Dinas Kesehatan Mukomuko turut menjadi perhatian aktivis lembaga swadaya...

Polisi Temukan 24 Paket Ganja Dikontrakan Warga Kebun Ros

Kupas News, Kota Bengkulu - Prestasi ditorehkan kembali oleh Ditresnarkoba Polda Bengkulu yang berhasil mengungkap penyalahgunaan Narkoba dengan menangkap seorang tersangka berinisial MO (37)...

Kejuaraan Tenis Meja Bengkulu Resmi Ditutup

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah secara resmi menutup Kejuaraan Tingkat Provinsi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Tahun 2022 sekaligus menyerahkan...

Terbaru