Senin, Agustus 15, 2022

Wabup Wasri Ingatkan RKPD 2023 Selaras Visi Misi Kepala Daerah

Baca selanjutnya

Kupas News, Mukomuko – Dalam tahap rencana awal, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Mukomuko mulai melaksanakan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023, Rabu, (2/3).

Berdasarkan ketentuan Pasal 197 Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, kegiatan ini merancang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah.

Pada sambutannya, Wakil Bupati Mukomuko Wasri menyampaikan, musyawarah dan konsultasi publik untuk menyaring aspirasi, sebagai landasan dalam merumuskan prioritas dan sasaran pembangunan yang akan dilaksanakan pada 2023 nanti.

Lalu, didalam RKPD itu, Wasri  juga meminta agar OPD teknis terkait lebih menyesuaikan programnya dengan visi dan misi wakil dan kepala daerah Kabupaten Mukomuko. Sebab hal ini yang nantinya juga akan berintegrasi dengan program pemerintah provinsi hingga pusat.

‘’Berbagai usulan yang telah dirancang diantaranya mengenai proyeksi pendapatan daerah,  pencapaian standar pelayanan minimal (SPM) urusan wajib pelayanan dasar, pembangunan di sektor ekonomi dengan fokus pada pembangunan infrastruktur utama penunjang perekonomian. Kemudian pembangunan sarana dan prasarana pendukung pelabuhan CPO dan sinkronisasi usulan peningkatan daya listrik melalui Kementrian ESDM dan BUMN kelistrikan dan program prioritas lainnya,’’ kata Wasri.

Sementara, Kepala Bapelitbang Daerah Mukomuko Gianto menyampaikan RKPD merupakan rencana awal untuk persiapan penyusunan program tahun 2023 dan menampung berbagai aspirasi.

“Melalui forum ini kami mengharapkan semua dapat menyampaikan pendapat dan aspirasi untuk memperkuat rencana program kedepan,’’ kata Gianto.

Rapat forum konsultasi publik,  dihadiri kepala organisasi perangkat daerah (OPD),tokoh pemuda, tokoh adat, masyarakat, organisasi kepemudaan, desa dan organisasi profesi serta tamu undangan lainnya. Kegiatan itu dengan nara sumber Ketua DPRD Mukomuko, M Ali Saftaini dan Penjabat Sekda Mukomuko, Yandaryat. (Adv/And)

Kanwil Kemenkumham Bengkulu Sosialisasikan Kekayaan Intelektual Manusia

Kupas News, Bengkulu – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Bengkulu Erfan mengatakan, kekayaan intelektual adalah hak yang...

54 Paskibraka Bengkulu Siap Kibarkan Merah Putih 17 Agustus Besok

Kupas News, Bengkulu – Setelah melalui seleksi dan pemusatan latihan, sebanyak 54 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bengkulu Tahun 2022 dikukuhkan Gubernur Rohidin...

Garda Rafflesia Minta APH Usut Proses Lelang Puskesmas Pondok Suguh

Kupas News, Bengkulu – Proses lelang Renovasi-Penambahan Ruang Persalinan Puskesmas Pondok Suguh Tahun 2022 di Dinas Kesehatan Mukomuko turut menjadi perhatian aktivis lembaga swadaya...

Polisi Temukan 24 Paket Ganja Dikontrakan Warga Kebun Ros

Kupas News, Kota Bengkulu - Prestasi ditorehkan kembali oleh Ditresnarkoba Polda Bengkulu yang berhasil mengungkap penyalahgunaan Narkoba dengan menangkap seorang tersangka berinisial MO (37)...

Kejuaraan Tenis Meja Bengkulu Resmi Ditutup

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah secara resmi menutup Kejuaraan Tingkat Provinsi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Tahun 2022 sekaligus menyerahkan...

Terbaru