Sabtu, Desember 3, 2022

Wabup Wasri Ingatkan RKPD 2023 Selaras Visi Misi Kepala Daerah

Baca selanjutnya

Kupas News, Mukomuko – Dalam tahap rencana awal, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Mukomuko mulai melaksanakan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023, Rabu, (2/3).

Berdasarkan ketentuan Pasal 197 Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, kegiatan ini merancang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah.

Pada sambutannya, Wakil Bupati Mukomuko Wasri menyampaikan, musyawarah dan konsultasi publik untuk menyaring aspirasi, sebagai landasan dalam merumuskan prioritas dan sasaran pembangunan yang akan dilaksanakan pada 2023 nanti.

Lalu, didalam RKPD itu, Wasri  juga meminta agar OPD teknis terkait lebih menyesuaikan programnya dengan visi dan misi wakil dan kepala daerah Kabupaten Mukomuko. Sebab hal ini yang nantinya juga akan berintegrasi dengan program pemerintah provinsi hingga pusat.

‘’Berbagai usulan yang telah dirancang diantaranya mengenai proyeksi pendapatan daerah,  pencapaian standar pelayanan minimal (SPM) urusan wajib pelayanan dasar, pembangunan di sektor ekonomi dengan fokus pada pembangunan infrastruktur utama penunjang perekonomian. Kemudian pembangunan sarana dan prasarana pendukung pelabuhan CPO dan sinkronisasi usulan peningkatan daya listrik melalui Kementrian ESDM dan BUMN kelistrikan dan program prioritas lainnya,’’ kata Wasri.

Sementara, Kepala Bapelitbang Daerah Mukomuko Gianto menyampaikan RKPD merupakan rencana awal untuk persiapan penyusunan program tahun 2023 dan menampung berbagai aspirasi.

“Melalui forum ini kami mengharapkan semua dapat menyampaikan pendapat dan aspirasi untuk memperkuat rencana program kedepan,’’ kata Gianto.

Rapat forum konsultasi publik,  dihadiri kepala organisasi perangkat daerah (OPD),tokoh pemuda, tokoh adat, masyarakat, organisasi kepemudaan, desa dan organisasi profesi serta tamu undangan lainnya. Kegiatan itu dengan nara sumber Ketua DPRD Mukomuko, M Ali Saftaini dan Penjabat Sekda Mukomuko, Yandaryat. (Adv/And)

JMSI Tetapkan Tiga Pemenang Lomba Video Pendek Wisata Bengkulu

Kupas News, Kota Bengkulu – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Bengkulu berkerjasama dengan BDF Creator menggelar lomba video pendek dalam rangka menyemarakan HUT Provinsi...

LIRA Bengkulu Surati Komisi I Panggil Manajemen PT. Pamor Ganda

Kupas News, Kota Bengkulu  – PT. Pamor Ganda hingga saat ini belum merealisasikan 6 poin kesepakatan atas pemenuhan tuntutan 3 desa penyangga. Kesepakatan ini...

Dua Pengedar Ganja Asal Kota Bengkulu Diringkus Polisi

Kupas News, Kota Bengkulu – Subdit I ditresnarkoba polda Bengkulu berhasil meringkus dua orang pengedar narkoba jenis ganja dengan barang bukti 10 paket ganja...

Petugas Damkar Berhasil Jinakan Api yang Melahap Tiga Ruko di Tanah Patah

Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api di Tanah Patah Kota Bengkulu, Kamis, 1 Desember 2022, Foto: Dok/Irfan Arief Kupas News, Kota Bengkulu - Peristiwa kebakaran...

Modus Politik Uang Melalui Dompet Digital pada Pemilu 2024

Oleh : Elfahmi Lubis* Ditengah persiapan teknis menyongsong pelaksanaan Pemilu 2024, berbagai potensi kerawanan tengah diidentifikasi. Dengan harapan berbagai bentuk kecurangan pada Pemilu sebelumnya bisa...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru