Kapal Perang Anti Serangan Udara dan Permukaan Tiba di Bengkulu

Baca selanjutnya

KRI Todak dan Lemadang tiba di Bengkulu Amankan kedatangan Presiden SBY
KRI Todak dan Lemadang tiba di Bengkulu Amankan kedatangan Presiden SBY

kupasbengkulu.com – Dua Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Todak dan Lemadang tiba di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu mengamankan kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada agenda Hari Pers Nasional (HPN) 2014.

Kedua KRI tersebut berada pada satu wilayah tugas satuan tempur armada barat. KRI Todak dikomandani oleh Mayor Laut (P) Andike dan KRI Lemadang dikomandoi Letkol Laut (P) Gadafi.

“KRI Todak dan Lemadang tiba pagi tadi dalam rangka pengamanan presiden,” kata Komandan KRI Lemadang Letkol Laut (P) Gadafi, Senin (3/2/2014).

Kedua kapal ini memiliki spesifikasi tempur yakni, KRI Todak memiliki bobot pada muatan penuh 445 ton dengan nomor lambung 631. Memiliki dimensi 58,10 meter x 7,62 meter x 2,85 meter. Ditenagai oleh 2 mesin diesel, 2 shaft menghasilkan 8,850 shp yang sanggup mendorong kapal hingga kecepatan 27 knot.

KRI Todak dilengkapi perangkat perang elektronik DR-3000 intercept dan peluncur Dagie decoy RL untuk pengecoh rudal musuh. KRI Todak juga merupakan satuan kapal tempur dilengkapi rudal dan meriam, dalam misi kali ini kedua KRI dilengkapi satu tim Komando Pasukan Katak (Kopaska).

Sementara itu KRI Lemadang yang dikomandani Letkol Laut (P) Andike, KRI Lemadang (632) adalah salah satu dari keempat kapal dari kapal patroli jenis kapal cepat kelas Todak milik TNI Angkatan Laut. Bertugas sebagai armada patroli cepat yang beroperasi laut dangkal, dan sebagai kapal perang anti kapal permukaan.

Kapal ini dilengkapi dengan satu meriam Bofors SAK 57/70 berkaliber 57 mm dengan kecepatan tembakan 200 rpm, jangkauan 17 Km untuk target permukaan dan udara dengan pemandu tembakan Signal LIROD Mk. 2.

Satu Meriam Bofors SAK 40/70 berkaliber 40 mm dengan kecepatan tembakan 300 rpm, jangkauan 12 Km untuk target permukaan dan udara.

Dua kanon Penangkis Serangan Udara Rheinmetall kaliber 20mm dengan kecepatan tembakan 1000 rpm, jangkauan 2 KM untuk target udara.(kps)

- Advertisement -

Pemprov Bengkulu Dorong Penerapan Teknologi Digital Hasil Perkebunan

Kupas News – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu terus berupaya menekan laju inflasi terkhusus pada masa Pandemi COVID-19. Di antaranya melalui penggunaan teknologi digital baik...

Ini 8 Tips Berhubungan Seksual Saat Anak Sedang Tertidur

Kupas News – Ada beberapa orangtua yang beruntung anaknya sudah bisa tidur sendiri dikamarnya. Tapi ada juga beberapa yang lainnya terpaksa masih harus tidur...

Pekerja Bongkar Tenda Tewas Usai Tersengat Listrik

Kupas News – Utamakan keselamatan dalam bekerja bukan hanya slogan semata. Hal ini sangat penting guna mengantisipasi dan meminimalisir bahaya dari tingkat resiko yang...

BEI Lakukan Pemutakhiran Mekanisme Dagang dengan 4 Fitur

Kupas News – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) selaku penyelenggara perdagangan saham di pasar modal Indonesia selalu mengedepankan perdagangan Efek yang teratur, wajar dan...

Pemprov Bengkulu Gelar Job Fair Career Expo 2021 di Bencoolen Mall

Kupas News – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) bersama beberapa perusahaan gelar Job Fair Career Expo 2021 di...

Terbaru