Sabtu, Mei 18, 2024

Kejari Kepahiang Selamatkan Uang Negara Rp 943,8 Juta

Plh Kajari Kepahiang
Plh Kajari Kepahiang

Kepahiang, kupasbengkulu.com – Sepanjang tahun 2014, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepahiang telah berhasil menyelamatkan uang negara senilai Rp 943.815.592. Uang negara tersebut bersumberkan dari denda dan uang pengganti, yang dikembalikan oknum yang terjerat dalam dugaan perkara Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

“Uang pengganti yang dikembalikan secara langsung oleh tersangka yang sudah di eksekusi senilai Rp 743.815.592. Sisanya sebesar Rp 200 juta dari perkara dugaan penyimpangan kas Setwan tahun 2011 dan kas Setda tahun 2012, ” sampai Plh. Kajari Kepahiang, Dodi Junaidi, Selasa (30/12/2014).

Ia menambahkan, rincian pengembalian uang negara ini disebutkan dari 11 tersangka dalam dugaan Tipikor dana stimulus tahun 2009. Sejumlah nama tersangka dimaksud, Rahmat Eka Wijaya, Marwan Tawalani, Heriansyah, Nurhadi dan Imam Supardi.

“Pengembalian selanjutnya dari M Aziz dengan perkara tipikor kegiatan pembangunan pasar tradisional tahun anggaran 2007 dan Subi Utama, Zulfianis dan Yohanis dalam kegiatan pengadaan alat kesehatan,” jelas Dodi.

Selebihnya, kata dia, pengembalian uang negara berasal dari pengadaan mesin triplek atas tersangka Deki Meridian, Zairin dan Andi Wijaya.

“Untuk pengembalian diperkara ini, persisnya baru Andi yang mengembalikan. Kalau Zairin dan Deki belum sama sekali,” demikian Dodi.(slo)

Related

Songsong Kepemimpinan Berintegritas Era Society 5.0, Sespimma Lemdiklat Polri Gelar Seminar Sekolah

Kupas News – Untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan yang berintegritas...

Ratusan Nakes di Kota Bengkulu Terima SK PPPK

Kupas News, Kota Bengkulu – Sebanyak 264 orang tenaga...

Polisi Tangkap Pembuat Video Mesum Pasangan LGBT di Lebong

Kupas News, Lebong – Polisi menangkap BP (19) warga...

Sidang Isbat Putuskan Hari Raya Idul Fitri 22 April 2023

Kupas News, Bengkulu – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian...

Polisi Ungkap Home Industri Senjata Api yang Sudah beroperasi Sejak 2012

Kupas News, Bengkulu – Polda Bengkulu ungkap pabrik pembuatan...