oleh

Kenali Gejala Kencing Manis Berikut!

kupasbengkulu.com – Istilah kencing manis ini timbul di masyarakat karena pada pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui penyakit ini ditemukannya gula sederhana, glukosa, dalam urin. Dalam istilah medis, kencing manis dikenal dengan diabetes mellitus. Diabetes mellitus dibagi menjadi 2 tipe, yakni tipe 1 dan tipe 2.

Diabetes tipe 1 merupakan masalah metabolik yang diturunkan. Umumnya penyakit ini dapat diketahui sejak masa anak-anak. Berbeda dengan diabetes mellitus tipe 2, penyakit ini sangat dipengaruhi oleh gaya hidup, terutama pada orang yang memliki riwayat keluarga menderita diabetes mellitus tipe 2.

Dari penelitian yang dilakukan WHO pada tahun 2000 didapatkan data sebanyak 90% kejadian diabetes di dunia merupakan diabetes mellitus tipe 2. Seseorang yang berisiko terkena diabetes mellitus tipe 2 ini umunya orang-orang yang memilki kebiasaan hidup kurang baik. Pola hidup yang tinggi konsumsi gula sederhana, kurangnya olahraga, menjadi penyebab tersering terkena diabetes.

Berikut ada baiknya kita kenali tanda-tanda diabetes ini. Dari diabetesmellitus.org dijelaskan tanda kalsik diabetes, antara lain sering terasa haus, sering buang air kecil meskipun minum tidak banyak, sering merasa lapar sehingga banyak makan, dan terjadi penurunan berat badan yang drastis tanpa diprogramkan.

Keluhan lain yang dapat timbul berupa rasa lemas, cepat lelah, bahkan pada keadaan yang berat dapat menyebabkan gangguan penglihatan berupa mata rabun, disfungsi ereksi, atau gatal pada vagina. Rasa lelah yang timbul disebabkan karena gula yang biasa dijadikan sumber energi tidak dapat dimetabolisme secara sempurna akibat terjadinya resistensi insulin. Sehingga energi yang seharusnya terbentuk tidak ada yang mengakibatkan tubuh merasa lemas.

Untuk mengetahui secara pasti, bagi anda yang memiliki keluhan ada baiknya memeriksakan diri ke dokter.(tari)

Rekomendasi