Minggu, Mei 22, 2022

Kocak, Drama Ibu PKK Ajak Suami Ber-KB

Baca selanjutnya

Pementasan drama ajakan ber KB kreatifitas PKK Kota Bengkulu
Pementasan drama ajakan ber KB kreatifitas PKK Kota Bengkulu

kupasbengkulu.com – Ibu-ibu dari PKK Kota Bengkulu isyaratkan kaum suami agar ber-KB (Keluarga Berencana-red). Bentuk ajakan tersebut dituangkan dalam drama singkat berdurasi sekitar 15 menit di depan seluruh undangan yang hadir dalam acara Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-42, Selasa (10/06/2014).

Drama singkat ini dimainkan oleh delapan orang ibu. Empat orang di antaranya berperan sebagai siswa Paud, SD, SMP, dan SMA, serta yang seorang lagi berperan sebagai ibu yang memiliki anak banyak dan sedang mengandung. Sementara tiga orang lainnya berperan sebagai ibu-ibu PKK.

Dalam drama tersebut, tampak sang anak sedang merengek-rengek meminta uang kepada ibunya. Ibunya yang pusing karena sang suami belum pulang memarahi anak-anaknya yang tak berhenti merengek. Hingga akhirnya datanglah ibu-ibu PKK menawarkan program KB, salah satunya vasektomi untuk suami.

“Kami senang punya anak banyak, kecek orang banyak anak banyak rezeki. Tapi pening jugo kalo mintak duit terus,” ujar ibu beranak banyak dengan bahasa Bengkulu.

Itu pepatah lamo mak cik, kini ko lemaknyo kito ikut program KB biar kesejahteraan anak lebih terjamin. Kalo mak cik idak endak pasang KB, steril ajo. Gratis dari pemerintah, atau bisa jugo suru suami yang ber-KB. Namanya vasektomi,” jawab ibu PKK dengan bahasa Bengkulu juga.

Dijelaskan Ketua PKK Kota Bengkulu, Hj. Kharunnisa Helmi, vasektomi adalah cara yang efektif untuk mencegah kehamilan karena sifatnya permanen, dilakukan dengan cara operasi kecil (bedah minor) oleh ahli kesehatan.

“PKK bekerjasama dengan BKKBN untuk menekan angka kelahiran, yang nantinya berimbas pada perencanaan dan kesejahteraan keluarga.

Oleh karena itu fungsi KB haruslah diketahui oleh ibu-ibu sebagai ujung tombak dalam keluarga. Sehingga dengan begitu tercapailah peranan PKK sebagaimana yang tercantum dalam sepuluh tugas pokok PPK,” pungkasnya. (val)

Mantan Menakertrans Fahmi Idris Tutup Usia

Kupas News, Jakarta - Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Menteri Perindustrian, Fahmi Idris meninggal dunia pada Minggu 22 Mei 2022. Kepastian meninggalnya Fahmi...

Maraknya Konflik Agraria, Dempo Xler Menilai Hukum Tidak tegak

Kupas News, Bengkulu – Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler turut bersikap atas maraknya konflik agraria yang terjadi di wilayah Provinsi Bengkulu....

Ketua Dewan Supriyanto Dampingi Helmi Hasan Terima Penghargaan WTP dari BPK

Kupas News, Kota Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pengawas Keuangan (BPK) atas laporan keuangan...

ARGA Gelar Halal Bihalal Bertajuk Mendukung Pers Bersatu Membangun Negeri

Kupas News, Mukomuko – Aliansi Remaja Gemar Aktifitas (ARGA), Kamis (19/05) menggelar acara Halal Bihalal dan Silaturahmi bertajuk “Mendukung Pers Bersatu Membangun Negeri” di...

Sera dan Joan Bakal Jadi Kado Spesial JMSI di HUT Kabupaten Seluma

Kupas News, Seluma - Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Seluma yang ke-19, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Seluma mempersembahkan kado Spesial...

Terbaru