Minggu, Maret 26, 2023

Lomba Sarafal Anam dan Marhaban ‘Pancing’ Minat Generasi Muda

Baca selanjutnya

Lomba Sarafal anam
Lomba Sarafal anam

kupasbengkulu.com – Sebanyak sembilan kelompok Sarafal Anam dan Marhaban dari sembilan kecamatan yang ada di Kota Bengkulu berkumpul di depan RSUD Kota guna mengikuti lomba “Sarafal Anam dan Marhaban HUT Kota ke-295”, Senin (10/03/2014).

Acara ini juga digelar untuk mensukseskan Program Bengkuluku Religius. Namun sayangnya, acara sempat ditunda karena terjadi aksi demonstransi pedagang, tak jauh dari lokasi lomba. Acara yang dijadwalkan dimulai pukul 08.30 WIB, baru dimulai pukul 10.30 WIB.

“Acara memang sengaja ditunda agar para peserta bisa lebih fokus mengikuti lomba,” ujar Asisten 1 Sekda Kota Bengkulu, Rosmidar, yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Dijelaskan Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Bengkulu, Suryawan Halusi MSi., kegiatan ini dilakukan selama empat hari. Untuk lomba Sarafal Anam akan digelar dari tanggal 10-11 Maret 2014, sedangkan lomba Marhaban dilangsungkan pada 12-13 Maret 2014. Untuk lomba Sarafal Anam sendiri akan dinilai lima orang juri, sedangkan Marhaban  hanya dinilai tiga orang juri saja. Dalam acara lomba ini, Kecamatan Muara Bangkahulu menjadi peserta yang tampil untuk pertama kalinya.

“Maksud dan tujuan pelaksanaan lomba ini adalah sebagai bentuk upaya pemerintah Kota Bengkulu dalam melakukan pembinaan kepada kelompok masyarakat yang peduli terhadap pengembangan dan pelestarian seni budaya islam yang hidup dan berkembang di Kota Bengkulu,” ujar Suryawan.

Selain itu acara ini juga dilaksanakan guna membangkitkan semangat di kalangan anak muda. Selama ini yang mengikuti Sarafal Anam dan Marhaban adalah masyarakat dengan golongan usia 40 tahun ke atas. Diharapkan melalui kegiatan ini anak muda terinspirasi dan mau mengikuti jejak seniornya.

“Kegiatan religius harus digandrungi anak muda. Ini tantangan untuk kita. Berbahaya kalau anak muda semakin jauh dari nilai agama. Kegiatan ini untuk menjaring dan menumbuhkan semangat kalangan muda agar lebih religius,” pungkasnya.

Sementara, pemenang untuk perlombaan Sarafal Anam dan Marhaban akan diumumkan dalam malam puncak HUT Kota pada 19 Maret 2014 mendatang. (val/*)

Mengaku Ditipu Suami Pejabat, 2 Warga Kota Bengkulu Lapor Polisi

Kupas News, Kota Bengkulu – Dua orang warga Kota Bengkulu yakni Jon Akmal dan M. Rozi mendatangi Mapolresta Bengkulu atas perkara dugaan kasus penipuan...

Mengerucut, Berikut 10 Nama Calon KPU Provinsi Bengkulu

Kupas News, Bengkulu – Tim Seleksi KPU Provinsi Bengkulu secara resmi mengumumkan 10 besar calon KPU Provinsi Bengkulu periode 2023-2028. Pengumuman itu tertuang dalam...

Polisi Sita Puluhan Liter Minuman Tuak di Bengkulu Utara

Anggota polsek Lais saat menunjukan hasil sitaan minuman keras jenis tuak, Foto: Dok Kupas News, Bengkulu Utara - Polres Bengkulu Utara Polda Bengkulu menggelar Operasi...

Gubernur Rohidin Buka Kampung Ramadhan 2023 di Graha Pena RB

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat memberikan sambutan pada pembukaan kampung ramadhan di halaman gedung Graha Pena RB, Kota Bengkulu, Kamis 23 Maret 2023, Foto:...

Polisi Amankan Perayaan Nyepi 2023 di Desa Sunda Kelapa

Kupas News, Bengkulu Tengah - Perayaan Nyepi Rahajeng Rahina Tahun Baru Caka 1945 di Desa Sunda Kelapa Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, Selasa...

Terbaru