Jumat, Mei 24, 2024

Megan, Sinden Bule Asal Amerika 2 Tahun “Bergaul” dengan Ki Manteb

Megan, Sinden asal Amerika Serikat.
Megan, Sinden asal Amerika Serikat.

kupasbengkulu.com – Sesuatu yang jarang terjadi, seorang berkebangsaan asing ikut terlibat aktif dalam melestarikan kebudayaan negara lain, terlebih kebudayaan yang bersifat tradisional.

Megan, wanita berkebangsaan Amerika Serikat ini sudah belajar menjadi sinden sejak tahun 2005, dan sejak dua tahun lalu memutuskan fokus menjadi sinden. Saat ini dirinya bergabung dengan grup wayang kulit Ki Manteb Soedharsono.

“Dari tahun 2005 itu saya mulai mengenal kesenian wayang, khususnya sinden. Awalnya saya hanya ikut les, sebagai pelajaran sampingan saja karena aslinya saya ini vocalis dan composer. Baru dua tahun ini saya fokus jadi pesinden,” ujar Megan, sebelum tampil dalam acara kesenian wayang kulit yang diselenggarakan di Sport Centre Kota Bengkulu, Sabtu (31/05/2014).

“Awalnya saya dulu ikut pentas sana-sini, baru beberapa bulan yang lalu diajak gabung sama Ki Manteb,” lanjutnya.

Diakui Megan, ketertarikannya pada dunia wayang kulit khususnya sinden dikarenakan lagu-lagu sinden memiliki keindahan tersendiri dan membuat dirinya merasa tertantang untuk lebih mempelajari lagu-lagu sinden.

“Lagu-lagunya ini indah, beda dengan yang lain. Tantangan tersendiri bagi saya karena teknik dan bahasanya juga sangat sulit untuk dipelajari,” katanya lagi.

Walau sudah lama berkecimpung di dunia sinden, Megan mengaku masih kesulitan dalam mempelajari bahasa Jawa, meskipun dirinya sudah lancar berbahasa Indonesia. Megan juga belum punya target rencana apa pun terkait bakat sindennya.

“Saya masih belajar bahasa Jawa, baru bisa sedikit-sedikit. Walaupun sudah bisa nyinden, tapi saya belum tahu ke depannya mau gimana dengan bakat saya ini, saya tunggu arahan dari yang ‘di Atas’,” candanya.(val)

Related

Gubernur Rohidin: Kelola Keuangan dengan Baik, Gali Potensi Pendapatan Desa

Gubernur Rohidin: Kelola Keuangan dengan Baik, Gali Potensi Pendapatan...

Gubernur Rohidin Kaji 5 Poin Usulan Himpunan Pertashop Merah Putih Indonesia

Gubernur Rohidin Kaji 5 Poin Usulan Himpunan Pertashop Merah...

Pemerintah Desa Durian Daun Gelar Acara Pendataan Indeks Desa Membangun

Pemerintah Desa Durian Daun Gelar Acara Pendataan Indeks Desa...

Puncak Perayaan HUT Seluma ke-21 Tak Hadirkan Tokoh Presidium, Pemda Terkesan Abai Sejarah

Puncak Perayaan HUT Seluma ke-21 Tak Hadirkan Tokoh Presidium,...

Miliki Riwayat Rabun Menahun, Wanita Muda di Lebong Selatan Tewas Gantung Diri

Miliki Riwayat Rabun Menahun, Wanita Muda di Lebong Selatan...