Sabtu, Mei 18, 2024

Melirik Goresan Pena Pelajar dalam Pelatihan Jurnalitik

kameraaaa
Peserta pelatihan Jurnalistik

Bengkulu Tengah, kupasbengkulu.com – Beberapa gadis belia berseragam memegang pena dan buku tulis, dengan berbagai ekspresi. Tadinya, hampir setengah ruangan muatan 100 orang ini disesaki oleh manusia usia sekolah menengah.

Selain para gadis belia adapula anak lelaki. Sebagian berhamburan keluar mencari “sesuatu” yang akan mereka rangkai. Jarum jam bergerak menuju angka 12, di luar ruangan terik mentari menghantam atap bangunan di seberang dan memancarkan hawa panas.

Makan siang belum juga datang, pria paruh baya bertubuh kurus berseragam yang seharusnya membawa nasi bungkus belum juga tiba. Seorang panitia menggunakan pengeras suara mengatakan tak lama lagi dia akan datang.

Pria betubuh ceking dengan kemeja hitam terlihat mondar mandir mengawasi peserta, ia juga seorang panitia.

“Kami tulis apa ya ? Boleh kalau pengalaman kami ?” Tanya Bintari, seorang siswi dari SMKN 2 Bengkulu Tengah, pada panitia perempuan berambut pendek yang sibuk dengan handphonenya.

“Kenapa tak dimulai dengan menulis kegiatan pelatihan yang kau ikuti hari ini ? Apa karena makan siang belum datang dan kau sedang kelaparan hingga tak bisa konsentrasi ?” Jawab perempuan itu menggoda.

Bintari mengangguk pelan sambil tersenyum simpul. Tak semua menggunakan pena dan buku, ada beberapa yang sibuk mengetuk keyboard laptop dan tak bergeming.

Sekitar pukul 10.00 WIB, mereka telah dibekali ilmu dasar jurnalistik oleh panitia pelatihan jurnalistik tingkat SMP/SMA tingkat Kabupaten Bengkulu Tengah. Media online kupasbengkulu.com yang menggelar kegiatan ini, panitia acara adalah mereka yang telah cakap dibidang dunia jurnalistik dan saat ini mengabdi di kupasbengkulu.com.

Adzan Dzuhur baru saja berlalu, para peserta terlihat semakin tenggelam dalam usaha merangkai tulisan mereka. Ya anak anak ini adalah peserta pelatihan jurnalistik yang sedang diberi tugas menulis.

Mereka diminta pemberi materi , Firmansyah, untuk menyalurkan hasil tangkapan dari penjelasan tentang ilmu dasar jurnalistik. Saling merahasiakan tulisan, mengintip tulisan teman lalu tertawa cekikika, itulah pola tingkah yang ditunjukkan.Ada pula yang memilih menyendiri di sudut ruangan. Beberapa justru terlihat sibuk berdiskusi.

“Susah susah gampang,” jawaban rata rata para peserta saat ditanya tentang bagaimana rasanya menulis, terutama menulis berita.

“Hebat kalau wartawan bisa tulis banyak berita dalam sehari” celoteh, Aidiyana salah satu peserta yang disambut anggukan teman temannya.

“Awalnya mereka tak sehebat itu. Mereka bisa karena terbiasa, mereka terbiasa karena latihan dan terus belajar,” jelas panitia perempuan berambut pendek tadi.

Para jurnalis kupasbengkulu.com membagi ilmu tanpa pamrih pada para siswa beruntung ini, berharap kelak mereka dapat menjadi jurnalis masa depan yang mendunia.

Janji dua jam untuk menyelesaikan tulisan, hanya separuh dari mereka yang mampu menyelesaikan tulisan meski telah makan siang. Namun, itulah proses dan bagian dari usaha. Hal tersebut dilewati oleh setiap penulis, setiap jurnalis pada masanya.

Bedanya, sekarang mereka bertemu dengan para “guru” yang ikhlas berbagi, meski cuma sempat berjalan sehari. Para guru yang mencintai profesinya, mencintai ilmunya, dan membagi cinta tersebut dalam pelatihan. Tinggal menunggu waktu, akankah kelak para pemberi materi tersenyum bangga membaca tulisan murid “sehari” ini.

Penulis : Evi Valendri, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Related

Songsong Kepemimpinan Berintegritas Era Society 5.0, Sespimma Lemdiklat Polri Gelar Seminar Sekolah

Kupas News – Untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan yang berintegritas...

Ratusan Nakes di Kota Bengkulu Terima SK PPPK

Kupas News, Kota Bengkulu – Sebanyak 264 orang tenaga...

Gubernur Rohidin Mersyah Dukung Pengembangan UINFAS Bengkulu

Kupas News, Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah terima...

Polisi Tangkap Pembuat Video Mesum Pasangan LGBT di Lebong

Kupas News, Lebong – Polisi menangkap BP (19) warga...

Sidang Isbat Putuskan Hari Raya Idul Fitri 22 April 2023

Kupas News, Bengkulu – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian...