oleh

Nasehat Buya Syafii Maarif Untuk Aktivis

-Opini-56 views

Dalam suatu kesempatan Buya Syafii memberikan nasehat, pada  patanacara Baitul Arqam purna satri Muallimin. Ada beberapa cuplikan nasehat Buya yang dapat diambil hikmahnya bagi para aktivis.

“Jadi aktivis itu harus, tapi nilai juga harus tinggi”, petuah  mantan Ketum PP Muhammadiyah.

Seorang aktivis harus mapan dalam ekonomi, tidak mesti kaya tetapi jangan miskin. Jadilah pemimpin dimanapun berada, jangan dipaksakan, tapi jadikan itu sebuah pilihan.

Jadi pemimpin itu sangat berat, tapi mulia dan menantang. Pelajari riwayat pendiri Negara, agar tahu kenapa bangsa dan negara kita harus merdeka.

Jadikanlah politik untuk menegakkan keadilan,  bukan mata pencaharian. Harus mampu bergaul dengan siapa saja, bahkan yang mengaku tidak beriman. Lakukan Amar Ma’ruf Nahi Munkar dimanapun

Setengah kepala daerah adalah “Pasien KPK”. Menjadi tugas kita memperbaiki. Jadilah ikan laut, hidup di air yang asin tapi dagingnya tidak ikut asin. Ratap tangis tidak akan menyelesaikan masalah. Dunia harus diubah dan bukan ditangisi.

Ketika kondisi negara tidak baik seperti saat ini, tidak cukup hanya dengan membantu.

Berkemajuan adalah memperbanyak kawan dan meniadakan musuh. Di semua unit peradaban, minoritas yang berkualitas adalah penentu.  Banyak membaca, banyak merenung, banyak menulis . (Disadur dari SM)

Rekomendasi