Sabtu, Mei 28, 2022

Optimalkan Program Samisake, Helmi Lantik Direktur dan Wadir BLUD Baru

Baca selanjutnya

Kupas News – Walikota Bengkulu Helmi Hasan memastikan program bantuan dana bergulir satu miliar satu kelurahan (samisake) kembali dilanjutkan. Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya pelantikan dan sumpah jabatan pejabat pengelola direktur dan wakil direktur Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Samisake Kota Bengkulu periode masa jabatan 2020-2025 yang berlangsung di ruang hidayah, kantor Walikota, Senin (17/1).

Kendati Kota Bengkulu masih diselimuti musibah wabah virus Covid-19, Walikota Bengkulu Helmi Hasan tetap menginginkan roda ekonomi di Kota Bengkulu tetap berputar melalui program-program Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu dan Pemerintah Pusat.

Pelantikan yang dilakukan oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Arif Gunadi dan Asisten II Saipul Apandi memutuskan Supran sebagai Direktur dan Agus Hermawan sebagai Wakil Direktur BLUD Samisake.

Pada kesempatan ini, Helmi mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu selalu memberikan dukungan optimal kepada BLUD samisake dalam memaksimalkan sumber daya alam dan manusia.

“Keunggulan Kota Bengkulu ini sumber daya alamnya banyak dan luar biasa, seperti sungai, laut dan potensi lainnya. Sungguh disayangkan apabila SDA dan SDM yang bagus tidak dimanfaatkan dan tak ada dukungan yang optimal. Untuk itulah, kita ada program satu miliar satu kelurahan (samisake) di tengah masyarakat untuk memanfaatkannya,” ujar Helmi.

Ia juga membahas sekilas awal mula samisake di hadirkan disetiap kelurahan. Ini menjadi solusi yang efektif dalam mengentaskan kemiskinan di Kota Bengkulu.

“Dulu saya dari pintu ke pintu, gang ke gang, 9 jam setiap hari dan selama 3 bulan saya menyambangi rumah warga, hampir seluruh rumah. Saya berdialog langsung apa yang menjadi harapan masyarakat dalam mengentaskan jurang kemiskinan. Maka dari itu munculah program samisake ini,” ungkapnya.

Helmi pun menjelaskan, masyarakat di Kota Bengkulu bukan tak mau maju tapi memang ada beberapa kendala yang menjadi rintangan.

“Ternyata masyarakat itu bukan pemalas, bukan tidak bersemanagat, tetapi terkendala keadilan akses modal. Bicara modal, kita ada Kredit Usaha Rakyat (KUR dari pusat sudah bagus dengan melibatkan perbankan nasional, tetapi ini resapannya sangat rendah, entah apa kendalanya. Untuk itu, harus ada yang dilakukan Pemkot guna mendorong masyarakat dalam persoalan modal,” jelasnya.

Kemudian, Helmi berharap kepada jajaran BLUD samisake lebih bersemangat dalam menghadapi tantangan dan persoalan yang ada.

“Harapan kita mudah-mudahan tantangan dan persoalan bisa terurai dan cari solusi sama-sama. Tetap kerja semangat, torehkan prestasi dan mudah-mudahan dengan kepemimpinan yang baru ini semisake akan tumbuh makin bagus lagi,” tuturnya.

Sementara ditanya soal penambahan modal, Helmi mengatakan belum ada rencana sampai saat ini, karena masih mengagendakan pengoptimalan program yang dulu.

“Belum ada rencana penambahan, kita ingin optimalkan yang ada dulu. Kan memang ada beberapa yang tidak bagus, ini perlu dievaluasi lagi. Ada yang memang semangatnya luar biasa, capaian-capaian di luar target kita, melampaui target dan ini perlu ditambah lagi. Tapi yang tidak bisa mengoptimalkan yang kemarin tentu kita evaluasi, tapi yang semangatnya bagus ini akan kita dorong lagi,” pungkas Helmi.

Untuk diketahui, pelantikan dan sumpah jabatan pejabat pengelola direktur dan wakil direktur Badan Layanan Umum Daerah (BUMD) juga dihadiri para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dan tamu undangan lainnya.

Editor: Freddy Watania

Batal Tata DDTS, Dispar Kota Tetap Lakukan Pembinaan

Kupas News, Kota Bengkulu - Kendati batal menata kawasan wisata Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) karena terkendala beberapa peraturan. Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui...

Gubernur Rohidin Lantik Pj Bupati Bengkulu Tengah

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Rabu, (25/5) secara resmi melantik Heryandi Roni sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bengkulu Tengah (Benteng), di Balai...

Disdukcapil Dukung Program Penyederhanaan Administrasi Berbasis Data Kependudukan

Kupas News, Kota Bengkulu – Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan tengah mengupayakan wacana pemberlakuan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam KTP menjadi Nomor Pokok Wajib...

Dahri Iskandar: Jangan Tunggangi Kepentingan Politik Soal Pembebasan 40 Petani

Kupas News, Mukomuko – Kapolres Mukomuko membebaskan 40 orang tersangka dalam kasus pencurian kelapa sawit milik PT Daria Dharma Pratama (DDP). Penyelesaian kasus ini...

Gandeng Bank Bengkulu, BPKD Launching Aplikasi e-Retribusi

Kupas News, Bengkulu – Bekerjasama dengan Bank Bengkulu, Badan Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (BPKD) Provinsi Bengkulu, Selasa, secara resmi melakukan launching Aplikasi e-Retribusi...

Terbaru