oleh

Paradise Island Juga Ada di Padang

Paradise Island Juga Ada di Padang

Traveling, kupasbengkulu.com – Kalau dengar kata Padang, yang terlintas di benak kamu pasti nasi padang atau masakan padang yang rasanya sangat menggugah selera.

Padahal, kalau dengar kata Padang, kamu juga harus tahu bahwa Padang juga ternyata surganya untuk kamu yang cinta keindahan alam.

Padang punya danau, ngarai, bukit, dan pantai yang mungkin belum sepopuler di Bali, tapi keindahannya akan membuat kamu berdecak kagum.

Padang juga punya pulau-pulau yang memesona keindahannya. Ini membuat Padang sangat pas dijadikan destinasi liburan berikutnya.

Untuk kamu yang ingin mengunjungi surga di Sumatra Barat ini, Citilink bisa jadi pilihan hemat. Maskapai LCC ini menyediakan harga tiket dari Jakarta ke Padang hanya mulai dari Rp500.000-an.

Kamu bisa membeli tiket Citilink dari jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga terbaik. Jika ingin lebih hemat lagi, kamu bisa memanfaatkan promo yang ditawarkan situs penyedia tiket pesawat, seperti Traveloka.

Kalau tiket Citilink menuju ke Padang sudah di tangan, sekarang saatnya menjelajah nirwana-nirwana yang ada di Padang.

2. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak berjarak 24 mil di lepas pantai Sumatra Barat. Pulau ini berpenghuni dan penduduk lokalnya masih banyak yang beraktivitas sebagai nelayan di sana. Di pulau ini juga terdapat resor yang dikelola oleh orang asing.

Nama Pulau Cubadak mungkin belum begitu familier di telinga wisatawan loka, namun pulau ini sangat populer di kalangan wisatawan mancanegara.

Jadi, tak heran kalau sebagian besar wisatawan yag berkunjung ke Pulau Cubadak adalah wisatawan mancanegara. Kamu jangan mau kalah.

Kamu juga bisa menikmati pulau yang disebut-sebut sangat tenang sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin terlepas dari hiruk pikuk perkotaan.

Sayangnya, bagian pantai terbaik di pulau ini dikelola orang asing untuk resor. Jadi, kalau kamu mau berjemur di pantai terindahnya, kamu harus meminta izin dulu pada pengelola resor.

Tapi, kalau kamu menginap di resor yang harga menginapnya Rp900.000 per malam ini, kamu bisa menikmati seluruh titik di Pulau Cubadak sepuasnya.

Meski begitu, bagian pantai lain di Pulau Cubadak ini tetap memesona. Selain itu, Pulau Cubadak memiliki hutan yang kaya flora dan fauna tropis. Di pulau ini kamu juga bisa menaiki bukitnya untuk melihat keindahan lautnya dari ketinggian.

Menuju ke Pulau Cubadak, kamu bisa menaiki Citilink sampai Bandara Minangkabau di pusat Kota Padang. Setelah itu, kamu hanya perlu menaiki ojek atau kendaraan umum menuju Pantai Carocok di Kota Painan.

Dari sana, kamu hanya tinggal menyewa speedboat dengan tarif Rp150.000 sekali jalan. Perjalanan yang ditempuh hanya sekitar 20 menit, namun pemandangan yang tersaji akan membuat pikiran kamu tenang dan segar kembali.

2. Pulau Sikuai

Nasib pulau ini hampir sama dengan Pulau Cubadak, tak begitu terkenal. Tapi, sekali ke sini, kamu pasti akan minta kembali ke sini lagi. Pulau Sikuai ini berjarak sekitar 35 menaiki speedboat dari Dermaga Wisata Bahari.

Untuk berkunjung ke Pulau Sikuai ini, dari Dermaga Wisata Bahari tersedia paket tur 1 hari seharga Rp250.000, sudah termasuk makan siang dan speedboat.

Tapi, perlu kamu ingat bahwa speedboat hanya berangkat pukul 10.00 pagi dan kembali lagi pukul 16.00 sore. Jangan sampai kamu ketinggalan kapal.

Di pulau ini, kamu bisa snorkeling atau menyelam karena memang alam bawah lautnya sangat indah. DItambah lagi warna biru cerah lautnya pasti akan membuat kamu selalu ingin berenang di sana.

Kalau kamu mau mengelilingi pulau, kamu bisa mendayung kano atau mengendarai sepeda. Kamu juga bisa menjelajahi hutan tropis yang terdapat di sekeliling pulau.

Kalau ingin menikmati keindahan matahari terbenam di pulau ini, kamu bisa menyewa speedboat seharga Rp200.000 sekali jalan dan menginap di New Sikuai Island Resort dengan harga menginap per malam mulai dari Rp750.000.

3. Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai terdiri dari 4 pulau, yaitu Pulau SIberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan. Gugusan kepulauan ini sangat terkenal di kalangan para peselancar karena memiliki ombak yang tidak hanya tinggi, tetapi juga menantang.

Ini disebabkan karena Kepulauan Mentawai berada di tengah-tengah Samudra Hindia. Di Kepulauan Mentawai, kamu tak hanya bisa menikmati keindahan laut dan hutan tropisnya, tetapi juga kekayaan budayanya.

Suka asli di Kepulauan Mentawai adalah Suku Mentawai yang masih memegang teguh budayanya dan memiliki kepercayaan animisme. Jadi, berkunjung ke Kepulauan Mentawai, kamu benar-benar akan mendapatkan liburan eksotis ala Indiana Jones.

Menuju ke Kepulauan Mentawai masih cukup sulit karena kapal motornya hanya beroperasi 2 kali dalam seminggu, yaitu pada Kamis malam dan Minggu malam dengan harga tiket berkisar antara Rp105.000 sampai Rp125.000 sekali jalan.

Perjalanan ditempuh selama kurang lebih 1 hari. Wah, lumayan berat juga, ya. Tapi, ketika sampai di sana, kamu akan bersyukur telah menempuh waktu sekian lama untuk melihat keindahannya.(adv)

 

Rekomendasi